Skip to main content

Penggemar Film Dokumenter dan National Geographic


National Geographic, siapa yang tidak tahu dengan nama besar ini. Beberapa tahun belakangan nama ini semakin umum terdengar dan terlihat, tapi sepertinya lebih sering terlihat di kaos-kaos atau jaket yang dipakai banyak orang. Walaupun sebenarnya National Geographic tidak memproduksi kaos mereka untuk dijual, biasanya anda hanya bisa mendapatkan kaos NG dari mengikuti suatu kegiatan tertentu atau karena anda berlangganan majalahnya.

Jika anda ditanya apa National Geographic itu, saya yakin sebagian besar orang akan mengatakan NG adalah nama majalah, mungkin ada juga yang mengatakan itu adalah sebua stasiun televisi. Sangkaan tersebut adalah sangkaan yang tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar. Kenyataannya National Geogaphic memang menjadi merek dagang salah satu majalah petualangan dan penelitian di dunia, namun itu hanyalah satu dari sebuah organisasi yang sangat besar.

National Geographic adalah sebuah institusi keilmuan dan pendidikan, komunitas non-profit ini mengambil fokus pada bidang geografi, arkeologi, dan natural science, mendorong upaya konservasi alam dan sejarah, serta mempelajari budaya dan sejarah dunia.

Di Indonesia, seperti di sampaikan diatas, National Geographic mungkin lebih dikenal sebagai merek dagang sebuah majalah cetak dan online serta jaringan televisi, dan memang demikianlah kenyataannya. Setahu saya, National Geographic Indonesia pada saat ini berada di bawah manajemen yang sama dengan koran Koran Kompas. NGI memiliki karyawan tetap yang bertugas membuat liputan tertentu, berbeda dengan NG internasional yang menggunakan jasa expert yang terikat untuk satu program.

Suatu hari pada tahun 2013 saya pernah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh NGI di Jakarta, kesertaan saya dalam acara tersebut sudah saya ceritakan disini. Kegiatan itu berlangsung sebagai rangkaian dari peringatan 125 tahun National Geographic Society. Dalam rangkaian kegiatan tersebut saya mendapatkan cerita dan pengalaman yang bagi saya sangat berkesan, terutama tentu saja tentang petualangan, fotografi dan penulisan.

Menurut saya di situlah kekuatan utama dari NGM. Pengalaman tersebut membuat saya semakin bersemangat untuk lebih banyak melakukan petualangan walaupun pada kelanjutannya perjalanan yang saya lakukan tidak meningkat secara signifikan. Saya juga menjadi semakin bersemangat untuk melatih skill fotografi serta kemampuan menulis artikel.

Satu hal yang baru belakangan saya sadari tentang diri sendiri adalah saya sangat menggemari film dokumenter tentang natural science. Mungkin karena itu saya sangat menggemari film-film yang dibuat oleh NG. Ada satu kesan luar biasa yang bisa saya tangkap dari video yang mereka buat, yaitu komitmen dan kesungguhan. Seperti video tentang Bird of Paradise yang dibuat oleh Tim Laman dan Ed Scholes. Delapan tahun umur mereka dihabiskan untuk mempelajari kelompok burung terindah di dunia, hingga 39 spesies burung yang luar biasa berhasil mereka dokumentasikan.

Jauh di pedalaman papua dan di pulau-pulau kecil di Pasifik mereka kunjungi  untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang akan mereka bagikan kepada dunia. Semangat dan komitmen seperti itulah yang mungkin masih kurang dimiliki sebagian petualang di Indonesia. Walaupun mereka memang di dukung dengan pendanaan yang besar, bukan berarti kita tidak bisa melakukan seperti yang mereka lakukan.

Kita pasti bisa. Dengan keyakinan itu saya mengajak temn-teman saya untuk melakukan sesuatu dengan tujuan yang sama dengan NGS, semoga bisa terkabul, Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-jenis Sepatu untuk Mendaki Gunung

Sepatu adalah salah satu perlengkapan paling vital dalam sebuah pendakian gunung, sebuah pendakian bisa menjadi sebuah perjalanan penuh derita jika anda salah memilih sepatu mendaki. Karena itu, pilihlah sepatu yang tepat untuk pendakian anda.  Tapi seperti apa sepatu yang baik untuk mendaki gunung? Hal ini akan tergantung dari medan yang akan anda lewati, lain padang lain ilalang, lain medan lain sepatu... :) Setelah mengetahui  medan pendakian yang anda lewati, berikut ini adalah beberapa jenis sepatu yang bisa anda pertimbangkan untuk anda gunakan dalam pendakian tersebut.
Sepatu Hiking (Hiking Shoe) Sepatu model potongan rendah dengan sol fleksibel, jenis sepatu ini cocok untuk pendakian harian. Bentuknya serupa dengan sepatu lari atau olahraga. Banyak backpacker ultralight yang menggunakan sepatu jenis ini untuk perjalan jauh, namun jenis sepatu ini mendukung lebih sedikit macam kegiatan. Sepatu ini cocok jika anda bepergian ke tempat yang memiliki jalur yang jelas dan jalur pen…

Horor Kampus IPB Baranangsiang

Kota Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah bangunan kampus IPB Dramaga yang berada di tengah-tengah kota bogor, seberang jalan Kebun Raya Bogor. Sebagian area kampus ini sekarang telah menjadi bangunan yang kita kenal sebagai Mall Botani Square, Alhamdulillah pemerintah kota Bogor bersama pejabat-pejabat di Institut Pertanian Bogor telah menetapkan bangunan Kampus IPB Baranangsiang tersebut sebagai sebuah situs cagar budaya.


Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Bogor, kampus IPB Baranangsiang memiliki banyak kisah Urban Legend. Beberapa yang paling terkenal adalah kisah tentang dosen misterius dan elevator tua. Kisah tentang dosen misterius saya dengar dari salah satu teman  sekelas saya di Pascasarjana ARL, beliau mendapatkan cerita itu dari seorang kakak tingkatnya. Jadi saya juga tidak mendapatkan langsung dari yang mengalaminya sendiri.

Menurut cerita teman saya tersebut, pada suatu malam (kuliah malam), suatu ruang kuliah sudah di penuhi oleh…

Es Cendol 88 Pontianak Paling Mantap

Pontianak adalah salah satu kota paling panas di Indonesia, tapi panasnya beda dengan panas di Jakarta atau kota-kota besar di Indonesia lainnya (nb:saya tidak bilang Pontianak itu sebesar Jakarta atau kota lain). Seperti apa perbedaan panasnya? Kalau di Jakarta atau kota besar lainnya, panasnya lebih disebabkan kurangnya ruang terbuka hijau atau tingginya tingkat polusi, seperti sama-sama kita ketahui. Nah, kalau Pontianak, panasnya itu karena kota ini berada pas di garis Khatulistiwa. Bicara soal panas, pasti enak sekali kalau lagi panas-panasnya kita nyeruput es. Bagi warga Pontianak, es apa yang paling enak pas tengah hari yang panas "bedengkang" (red: sangat panas sampai terasa memanggang)?

Kalau saya paling senang dengan es cendol, dan juaranya es cendol di Pontianak adalah Es Cendol 88, pernah dengar? pasti pernah kan? Atau paling tidak pernah lihat di tepi jalan. Dulu waktu masih SMA (2001-2003), saya dan teman-teman saya sangat menyukai es cendol yang satu ini. Seo…