Sunday, November 1, 2015

Pameran Taman Nasional Danau Sentarum, Mall Ayani Pontianak

Ada banyak tempat indah di dunia ini, salah satu yang sangat ingin saya kunjungi adalah danau yang cukup di kenal di seluruh dunia karena keunikan ekosistemnya, Danau Sentarum. Alhamdulillah sampai saat ini saya belum mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi danau tersebut, namun meskipun belum sempat mengunjunginya, Alhamdulillah saya sempat mengunjungi pameran tentang danau unik tersebut di salah tau pusat perbelanjaan di Kota Pontianak.

Saya mengetahui adanya kegiatan pameran ini dari salah satu grup facebook yang menjadi salah satu media informasi tentang program-program kehutanan masyarakat. Pameran ini diinisiasi oleh Balai Taman Nasional Danau Sentarum dan melibatkan rekananannya yaitu PRCF Indonesia, WWF, Riak Bumi, Canopy Indonesia, YKJK, dan APPDS. Karena memang tertarik dengan danau tersebut, maka saya sempatkan untuk melihatnya. Bersama dinda, sore kemarin saya mendatangi pameran tersebut di mall Ayani Pontianak.

Galeri Foto Pameran Taman Nasional Danau Sentarum (Kredit: Delyanet Karmoni)
Stand Pameran Taman Nasional Danau Sentarum, Mall Ayani Pontianak (Kredit: Delyanet Karmoni)

Desain stand pameran tersebut menurut saya tampak elegan, bagian luarnya di batasi dengan dinding display foto-foto tentang kehidupan di Danau Sentarum. Foto-foto yang menurut saya extraordinary, selain karena objeknya memang luar biasa, tentu didukung juga dengan kemampuan fotografernya untuk mengambil momen dan sudut yang tepat.

Beberapa gambar yang bisa kita lihat di stand pameran tersebut misalnya pemandangan Danau Sentarum dari atas bukit, aktifitas penangkapan ikan oleh masyarakat, aktifitas menenun tenun ikat, dan  aktifitas keseharian masyarakat lainnya. Agak sulit untuk menjelaskan gambar-gambar tersebut, karena itu teman-teman pembaca sekalian sebaiknya melihat langsung fotonya. Dan tentu saja, akan jauh lebih menarik dan memuaskan kalau teman-teman sekalian langsung mengunjungi salah satu danau paling unik di dunia ini.

Btw, kemarin juga ada diskusi juga di atas stage seberang stand pameran. Barangkali hari ini akan ada diskusi lagi, mungkin... jadi kalau teman-teman ingin menambah ilmunya atau sekedar ingin tahu tentang Taman Nasional Danau Sentarum, tongkrongin 'jak' pameran di mall Ayani hari ini.

Di depan Stage Pameran Taman Nasional Danau Sentarum (Kredit: Delyanet Karmoni)

2 comments: