Skip to main content

Pameran Taman Nasional Danau Sentarum, Mall Ayani Pontianak

Ada banyak tempat indah di dunia ini, salah satu yang sangat ingin saya kunjungi adalah danau yang cukup di kenal di seluruh dunia karena keunikan ekosistemnya, Danau Sentarum. Alhamdulillah sampai saat ini saya belum mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi danau tersebut, namun meskipun belum sempat mengunjunginya, Alhamdulillah saya sempat mengunjungi pameran tentang danau unik tersebut di salah tau pusat perbelanjaan di Kota Pontianak.

Saya mengetahui adanya kegiatan pameran ini dari salah satu grup facebook yang menjadi salah satu media informasi tentang program-program kehutanan masyarakat. Pameran ini diinisiasi oleh Balai Taman Nasional Danau Sentarum dan melibatkan rekananannya yaitu PRCF Indonesia, WWF, Riak Bumi, Canopy Indonesia, YKJK, dan APPDS. Karena memang tertarik dengan danau tersebut, maka saya sempatkan untuk melihatnya. Bersama dinda, sore kemarin saya mendatangi pameran tersebut di mall Ayani Pontianak.

Galeri Foto Pameran Taman Nasional Danau Sentarum (Kredit: Delyanet Karmoni)
Stand Pameran Taman Nasional Danau Sentarum, Mall Ayani Pontianak (Kredit: Delyanet Karmoni)

Desain stand pameran tersebut menurut saya tampak elegan, bagian luarnya di batasi dengan dinding display foto-foto tentang kehidupan di Danau Sentarum. Foto-foto yang menurut saya extraordinary, selain karena objeknya memang luar biasa, tentu didukung juga dengan kemampuan fotografernya untuk mengambil momen dan sudut yang tepat.

Beberapa gambar yang bisa kita lihat di stand pameran tersebut misalnya pemandangan Danau Sentarum dari atas bukit, aktifitas penangkapan ikan oleh masyarakat, aktifitas menenun tenun ikat, dan  aktifitas keseharian masyarakat lainnya. Agak sulit untuk menjelaskan gambar-gambar tersebut, karena itu teman-teman pembaca sekalian sebaiknya melihat langsung fotonya. Dan tentu saja, akan jauh lebih menarik dan memuaskan kalau teman-teman sekalian langsung mengunjungi salah satu danau paling unik di dunia ini.

Btw, kemarin juga ada diskusi juga di atas stage seberang stand pameran. Barangkali hari ini akan ada diskusi lagi, mungkin... jadi kalau teman-teman ingin menambah ilmunya atau sekedar ingin tahu tentang Taman Nasional Danau Sentarum, tongkrongin 'jak' pameran di mall Ayani hari ini.

Di depan Stage Pameran Taman Nasional Danau Sentarum (Kredit: Delyanet Karmoni)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis-jenis Sepatu untuk Mendaki Gunung

Sepatu adalah salah satu perlengkapan paling vital dalam sebuah pendakian gunung, sebuah pendakian bisa menjadi sebuah perjalanan penuh derita jika anda salah memilih sepatu mendaki. Karena itu, pilihlah sepatu yang tepat untuk pendakian anda.  Tapi seperti apa sepatu yang baik untuk mendaki gunung? Hal ini akan tergantung dari medan yang akan anda lewati, lain padang lain ilalang, lain medan lain sepatu... :) Setelah mengetahui  medan pendakian yang anda lewati, berikut ini adalah beberapa jenis sepatu yang bisa anda pertimbangkan untuk anda gunakan dalam pendakian tersebut.
Sepatu Hiking (Hiking Shoe) Sepatu model potongan rendah dengan sol fleksibel, jenis sepatu ini cocok untuk pendakian harian. Bentuknya serupa dengan sepatu lari atau olahraga. Banyak backpacker ultralight yang menggunakan sepatu jenis ini untuk perjalan jauh, namun jenis sepatu ini mendukung lebih sedikit macam kegiatan. Sepatu ini cocok jika anda bepergian ke tempat yang memiliki jalur yang jelas dan jalur pen…

Horor Kampus IPB Baranangsiang

Kota Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah bangunan kampus IPB Dramaga yang berada di tengah-tengah kota bogor, seberang jalan Kebun Raya Bogor. Sebagian area kampus ini sekarang telah menjadi bangunan yang kita kenal sebagai Mall Botani Square, Alhamdulillah pemerintah kota Bogor bersama pejabat-pejabat di Institut Pertanian Bogor telah menetapkan bangunan Kampus IPB Baranangsiang tersebut sebagai sebuah situs cagar budaya.


Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Bogor, kampus IPB Baranangsiang memiliki banyak kisah Urban Legend. Beberapa yang paling terkenal adalah kisah tentang dosen misterius dan elevator tua. Kisah tentang dosen misterius saya dengar dari salah satu teman  sekelas saya di Pascasarjana ARL, beliau mendapatkan cerita itu dari seorang kakak tingkatnya. Jadi saya juga tidak mendapatkan langsung dari yang mengalaminya sendiri.

Menurut cerita teman saya tersebut, pada suatu malam (kuliah malam), suatu ruang kuliah sudah di penuhi oleh…

Es Cendol 88 Pontianak Paling Mantap

Pontianak adalah salah satu kota paling panas di Indonesia, tapi panasnya beda dengan panas di Jakarta atau kota-kota besar di Indonesia lainnya (nb:saya tidak bilang Pontianak itu sebesar Jakarta atau kota lain). Seperti apa perbedaan panasnya? Kalau di Jakarta atau kota besar lainnya, panasnya lebih disebabkan kurangnya ruang terbuka hijau atau tingginya tingkat polusi, seperti sama-sama kita ketahui. Nah, kalau Pontianak, panasnya itu karena kota ini berada pas di garis Khatulistiwa. Bicara soal panas, pasti enak sekali kalau lagi panas-panasnya kita nyeruput es. Bagi warga Pontianak, es apa yang paling enak pas tengah hari yang panas "bedengkang" (red: sangat panas sampai terasa memanggang)?

Kalau saya paling senang dengan es cendol, dan juaranya es cendol di Pontianak adalah Es Cendol 88, pernah dengar? pasti pernah kan? Atau paling tidak pernah lihat di tepi jalan. Dulu waktu masih SMA (2001-2003), saya dan teman-teman saya sangat menyukai es cendol yang satu ini. Seo…