Thursday, November 26, 2015

Berhari-hari di Hotel

Mulai hari minggu kemarin, hari-hari terus berada di hotel. Mulai dari minggu malam, in sya Allah sampai tanggal 28 lusa. Kalau kata orang Pontianak, macam ye ye jak di Hotel terus. Tapi bukan macam ye ye, saya berada di hotel ini Alhamdulillah ditraktir oleh orang lain. Memang lebih bonafid kalau bayar sendiri, tapi tentu lebih menyenangkan kalau dibayarkan orang lain, hehehe...

Kalau melihat suasana lingkungannya, memang hotel punya kelas sendiri. Jadi pantas kalau mahal. Tapi mahalnya menurut saya bukan hanya di bayar oleh orang yang menginap. Tapi dibayar oleh oleh komunitas global, karena apa? Karena diakui atau tidak, hotel yang biasanya dalam bentuk bangunan tinggi relatif banyak memakan energi yang tentu saja kelanjutannya akan meningkatkan emisi karbon. Bagaimana cara konsumsi energinya?

Misalnya energi untuk mengangkat orang yang digunakan di lift. Tentu banyak energi yang dikonsumsi, apalagi untuk wilayah seperti Jakarta yang dipenuhi gedung-gedung tinggi. Konsumsi energi lainnya adalah untuk menaikkan air mandi, air toilet dan air-air lainnya. Tambah lagi dengan konsumsi-konsumsi energi lainnya seperti untuk masakan yang seringkali bersisa, minuman kemasan yang bersisa, dan lain sebagainya.

Jadi, banyak kan? Jadi sebisa mungkin kita harus mengurangi peranan kita dalam konsumsi energi yang sebenarnya tidak perlu. Kira-kita seperti itu cerita singkat ini. Salam.


0 comments:

Post a Comment