Thursday, June 4, 2015

Es Doger - Kampus IPB Dramaga

Beberapa minggu ini rasanya udara di Bogor dan sekitarnya panas dan gerah, hujan deras yang turun dua hari kemarin tidak serta merta menjadikan Bogor kembali dingin. FYI, hujan deras dua hari yang lalu ternyata diikuti dengan hujan es yang bisa kami lihat di belakang kontrakan kami yang beratap plastik transparan.

Saat udara sedang panas-panasnya kemarin, saya dan dinda jalan-jalan di kampus, karena memang ada urusan untuk meminta tanda tangan tesis dinda yang baru dijilid. Siangnya kami makan Garang Asem Ayam di Kantin Plasma FEMA IPB. Setelah itu kami shalat zuhur di masjid Al Huriyah IPB. Setelah shalat saya sempat mengambil beberapa gambar masjid yang besar dan adem ini.

Setelah keluar dari masjid, mata saya tertuju pada mamang-mamang yang sedang berjualan di halaman masjid. Beberapa orang mengerubunginya, dan kemudian meninggalkan si mamang dengan membawa cup berisi es doger. Saat udara sedang panas-panasnya minum es doger... sesuatu banget. Selang beberapa menit dua cup es doger telah berada di tangan saya, segera kami nikmati di halaman masjid.

es parut ketan tapai
Es Doger IPB Dramaga
Pink, kuning dan merah kehitaman berpadu dalam cup es doger ditangan saya, segarrrr... bukan main. Parutan es yang disiram sirup itu terasa cukup manis, semakin manis jika dikunyah dengan tapai singkong yang berada dibawahnya, tapi ketannya saya makan terpisah dengan ketan. Ketannya saya makan dengan kuah es parut manisnya, sebagai penggemar berat makanan ketan, saya sangat bisa menikmati ketan dalam cup es doger ini. Tidak butuh waktu lama, es doger pun pesai* di tangan kami...

*habis - Melayu Pontianak

4 comments:

  1. es dogernya bikin ngiler aja nih :D

    ReplyDelete
  2. Waduh, es doger-nya bikin mupeng nih mas. Di Semarang jugak ada loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski amandel saya kumat, saya juga tetap mupeng liatnya mbak... kalau di semarang isinya sama juga mbak?

      Delete