Skip to main content

Polling: Jam Berapa Anda Membuka Internet?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat  postingan tentang waktu yang tepat untuk ngeblog yang terdiri dari menulis, posting dan share. Selanjutnya saya membuat sebuah polling di salah satu blog saya yang memiliki visitor yang relatif banyak (dibandingkan blog saya yang lain), normalnya, tentu pollingnya dulu yang dibuat, baru kemudian artikelnya ditulis, tapi ya.... sudahlah... :p

Pollingnya

Nah, langsung saja cerita tentang pollingnya. Visitor blog saya adalah kelompok umur sekitar 15 - 20 tahun, atau kisaran umur remaja menjelang dewasa. Pertanyaan dari polling saya adalah;
Jam berapa anda membuka internet?
Interval waktunya adalah dua dan tiga jam dengan dasar pikiran saya sendiri saja, hehe. Pilihan jawabannya adalah sebagai berikut.
  • 05.00 - 08.00 Morning Time! Waktu antara bangun pagi dan berangkat sekolah atau kuliah.
  • 08.00 - 10.00 Fresh Time! Waktu awal berada di sekolah, biasanya masih sangat segar dan bersemangat!
  • 10.00 - 13.00 Boring Time! Waktu kedua sekolah, mulai bosan dan mengantuk.
  • 13.00 - 15.00 Lunch and nap time! Istirahat siang, pada waktu ini biasanya kita sedang istirahat atau tidur siang.
  • 15.00 - 18.00 Socialize and refreshing
  • 18.00 - 21.00 Me time! Waktu pribadi, biasanya antara petang hingga tidur adalah waktu dimana kita sibuk dengan diri sendiri, seperti mengerjakan tugas sekolah dll.
Partisipan boleh memilih lebih dari satu jawaban, karena untuk membuka internet dalam satu hari tidak terpaku pada waktu tertentu. Jumlah responden yang bersedia untuk mengikut poling ini adalah 30 orang. Kalau penelitian ilmiah, 30 orang ini bagus, tapi kalau dibandingkan dengan populasinya yang jutaan orang, tentu jauuuuuuhh dari cukup, tapi mungkin bisa nambah-nambah pengetahuan.

Hasilnya

Hasilnya langsung saja lihat di gambar di bawah ini.
Pada Morning time, terdapat 8 responden (26% ) yang memilih. Pagi hari adalah waktu sibuk, karena itu tidak terlalu banyak orang yang membuka internet pada waktu ini. Bangun tidur, terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku... cukup jelas bukan? Membuka internet pada waktu ini kemungkinan dilakukan untuk mengecek e-mail atau pemberitahuan pada social  media.

Fresh time, terdapat 9 responden (30%) yang memilih waktu ini. waktu ini adalah waktu yang terbaik di sekolah atau di kampus untuk belajar, karena fikiran masih sedang segar-segarnya. Responden yang memilih relatif tidak banyak.

Boring time, waktu yang biasanya sangat berat bagi siswa maupun mahasiswa, karena itu biasanya terdapat break pada waktu-waktu ini. Namun ternyata jumlah responden yang memilih sama dengan fresh time, yaitu 9 responden (30%).

Lunch and Sleep, waktu ini adalah waktu dimana tubuh biasanya sedang ngantuk-ngantuknya. Terdapat 8 responden (26%) yang memilih waktu ini. Sehubungan dengan kondisi tubuh dan pikiran yang sedang lelah, wajar kalau jumlah respondennya lebih sedikit.

Waktu refreshing, waktu ini biasanya dimanfaatkan untuk bermain, refreshing atau rekreasi dan berinteraksi dengan orang lain. Ada 10 responden (33%) yang memilih waktu ini. Lebih banyak dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya, hal ini mungkin disebabkan internet juga menjadi salah satu media untuk berinteraksi dengan rekan-rekan atau waktu untuk bermain.

Me time, waktu untuk diri sendiri. Ada 21 responden (70%) yang memilih waktu ini. Waktu ini memang waktu yang paling menyenangkan untuk diri sendiri, tidak banyak yang beraktifitas di luar ruangan karena hari sudah gelap. Karena itu beraktifitas di dalam rumah/ruangan adalah pilihan yang paling logis, dan internet adalah salah satu pilihan aktifitas utama yang dapat kita lakukan. Sebagian besar dari kita mungkin senang untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah yang memerlukan bahan dari internet. Sambil berselancar untuk mengerjakan tugas ini, kadang kita juga membuka-buka blog secara sengaja atau tidak, dan juga social media. Dengan demikian, waktu ini adalah waktu paling tepat untuk mempublish artikel yang telah kita buat dan membagikannya di social  media agar dapat langsung terlihat oleh calon pembaca.

Kesimpulannya

Waktu terbaik untuk mem-publish dan membagikan artikel blog kita adalah pada waktu antara 18.00 hingga 21.00. Dengan catatan, pengunjung blog anda terutama berasal dari kelompok umur 15-20 tahun.

Demikianlah analisis suka-suka dari saya ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam... :)

Comments

Popular posts from this blog

Horor Kampus IPB Baranangsiang

Kota Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah bangunan kampus IPB Dramaga yang berada di tengah-tengah kota bogor, seberang jalan Kebun Raya Bogor. Sebagian area kampus ini sekarang telah menjadi bangunan yang kita kenal sebagai Mall Botani Square, Alhamdulillah pemerintah kota Bogor bersama pejabat-pejabat di Institut Pertanian Bogor telah menetapkan bangunan Kampus IPB Baranangsiang tersebut sebagai sebuah situs cagar budaya.


Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Bogor, kampus IPB Baranangsiang memiliki banyak kisah Urban Legend. Beberapa yang paling terkenal adalah kisah tentang dosen misterius dan elevator tua. Kisah tentang dosen misterius saya dengar dari salah satu teman  sekelas saya di Pascasarjana ARL, beliau mendapatkan cerita itu dari seorang kakak tingkatnya. Jadi saya juga tidak mendapatkan langsung dari yang mengalaminya sendiri.

Menurut cerita teman saya tersebut, pada suatu malam (kuliah malam), suatu ruang kuliah sudah di penuhi oleh…

Jenis-jenis Sepatu untuk Mendaki Gunung

Sepatu adalah salah satu perlengkapan paling vital dalam sebuah pendakian gunung, sebuah pendakian bisa menjadi sebuah perjalanan penuh derita jika anda salah memilih sepatu mendaki. Karena itu, pilihlah sepatu yang tepat untuk pendakian anda.  Tapi seperti apa sepatu yang baik untuk mendaki gunung? Hal ini akan tergantung dari medan yang akan anda lewati, lain padang lain ilalang, lain medan lain sepatu... :) Setelah mengetahui  medan pendakian yang anda lewati, berikut ini adalah beberapa jenis sepatu yang bisa anda pertimbangkan untuk anda gunakan dalam pendakian tersebut.
Sepatu Hiking (Hiking Shoe) Sepatu model potongan rendah dengan sol fleksibel, jenis sepatu ini cocok untuk pendakian harian. Bentuknya serupa dengan sepatu lari atau olahraga. Banyak backpacker ultralight yang menggunakan sepatu jenis ini untuk perjalan jauh, namun jenis sepatu ini mendukung lebih sedikit macam kegiatan. Sepatu ini cocok jika anda bepergian ke tempat yang memiliki jalur yang jelas dan jalur pen…

Jenis-jenis Kompor Lapangan Pendakian Gunung

Kurang rasanya kalau camping atau naik gunung nggak makan, apalagi nggak ngopi, Eits, ini pendapat yang sesat, naik gunung ya harus makan, baru ngopi. Tapi tentu saja kita harus punya alat masaknya, dan yang penting adalah kompor lapangan. Bagi yang udah sering naik gunung pasti tahu, tapi yang nubi-nubi sejenis saya ini mungkin kurang paham. Karena itu, saya ingin berbagi apa yang baru saja saya rangkum dari pencarian di berbagai sumber tentang jenis-jenis kompor lapangan.

Baca juga:
4 Hal Menyenangkan dari Camping
Camping Membuang Jenuh


Setelah saya baca-baca, ternyata banyak sekali jenis kompor lapangan, namun secara garis besar untuk membahasnya, kita dapat pengelompokan kompor lapangan berdasarkan jenis bahan bakarnya. Nah berdasarkan jenis bahan bakarnya ini, ada tiga jenis kompor lapangan, yaitu yang berbahan bakar gas, cair dan padat.
Kompor Lapangan Berbahan Bakar Padat Jenis kompor ini lebih umum dikenal sebagai kompor parafin, kompor jenis ini umum dipakai oleh personil tenta…