Thursday, April 2, 2015

Tips Penggunaan Pakaian di Alam Bebas

Pakaian adalah pelindung tubuh yang utama dalam berkegiatan di alam bebas. Pakaian melindungi tubuh dari kondisi lingkungan yang kurang bersahabat, misalnya udara dingin dan sinar matahari yang terik, duri-duri tanaman, dan ancaman satwa liar di alam bebas. Agar pakaian anda dapat berfungsi dengan efektif dan efisien, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan saat camping, hiking, kegiatan petualangan lainnya.

Pendakain Gunung Cabang, Karimata
Aktifitas Pendakian Gunung (Dok. Mapala Untan)

Selalu gunakan kaos dalam

Kaos dalam sangat bermanfaat, baik dalam kondisi dingin maupun kondisi panas. Pada saat suhu udara agak tinggi atau saat beraktifitas, kaos dalam akan menyerap keringat sehingga membuat kulit lebih nyaman. Pada kondisi suhu udara rengah, pakaian dalam dapat membantu menjaga suhu tubuh kita pada saat dingin.

Pakaian dari bahan wol 

Pakaian berbahan wol adalah jenis insulator yang paling baik untuk menjaga kehangatan tubuh anda. Pakaian wol dalam bentuk sweeter dapat digunakan untuk pakaian lapis kedua di bawah jaket.

Pakaian terluar

Pakaian terluar digunakan sesuai dengan kondisi lingkungan, namun untuk kondisi di pegunungan sangat disarankan untuk menggunakan jaket tahan angin (wind resistance) dan tahan air (water resisten). Jaket jenis dapat mendukung kenyamanan dan kemudahan pergerakan.

Raincoat

Anda bisa saja menggunakan jas hujan model ponco, tapi saat di tempat tinggi, hujan badai dan angin kencang jas hujan model ponco kurang efektif melindungi tubuh kita karena bagian sampingnya tidak tertutup rapat. Selain itu, dengan model  yang lebar, ponco mudah tertiup angin dan dapat menghambat pergerakan kita. Karena itu disarankan untuk menggunakan jas hujan two piece atau model training. Jas hujan model training lebih efektif melindungi tubuh tidak hanya dari air, tapi juga dari angin. jauh lebih baik jika anda memiliki Raincoat yang saat ini sudah banyak tersedia di toko outdoor. Raincoat sangat efektif melindungi tubuh dari air dan angin kencang, sekaligus mendukung kemudahanan pergerakan kita.

Kaos Kaki, kecil namun penting

Tipis, kecil, namun sangat-sangat penting. Tidak menggunakan kaos kaki di dalam sepatu adalah sama dengan melukai diri sendiri, karena bisa dipastikan kaki akan lecet. Untuk iklim yang ekstrim dingin, gunakan kaos kaki dua lapis. Kaos kaki tipis di dalam dan yang tebal di luar, ini untuk membuat kulit kaki lebih nyaman. Kaos kaki yang basah bisa membuat kulit kaki rentan lecet dan dapat menyebabkan kedinginan, karena itu segera ganti kaos kaki yang basah. Saat tidur, sebaiknya kaos kaki juga di gunakan untuk mencegah kedinginan.

Sepatu berkualitas

Sepatu adalah pakaian dengan tugas paling berat saat kita berkegiatan di alam bebas. Jangan ambil resiko mendaki gunung dengan sepatu kets, apalagi hanya menggunakan sendal. Menggunakan sepatu gunung akan sangat melindungi kaki kita, selain itu sepatu dapat mendukung stabilitas tubuh, memberikan kehangatan dan kenyamanan. Serunya petualangan di alam bebas bisa hilang saat kaki anda sakit atau cedera, jadi gunakanlah sepatu pas dengan kaki anda dan sesuai dengan medan yang akan dilalui.

Pelindung kepala

Umumnya ada dua jenis pelindung kepala, yaitu pelindung kepala dari dingin, dan pelindung kepala dari panas. Pelindung kepala dari dingin biasanya berbahan dasar wol dilengkapi dengan penutup telinga, salah satu model yang paling umum adalah kupluk, jenis lainnya misalnya model pelindung kepala pilot pesawat zaman perang dunia kedua. Untuk pelindung dari panas, anda bisa menggunakan model topi rimba. Topi rimba lebih umum dipakai untuk penjelajahan hutan.

Sarung tangan

Tangan seperti hanlnya kaki, adalah bagian tubuh yang cepat kehilangan panasnya, pada kondisi ekstrim, kehilangan panas ini dapat berakibat pada frosbite. Karena itu sangat penting untuk melindungi bagian tubuh tersebut. Untuk melindungi tangan, gunakanlah sarung tangan yang memadai sesuai kondisi lingkungan.

Kacamata

Kacamata terutama diperlukan sekali dalam kegiatan petualangan di kawasan pegunungan dan pantai. Sinar matahari di kedua tempat ini mudah membuat silau dan mengganggu kemampuan pandangan mata. Karena itu membawa kacamata untuk bertualang di kedua jenis tempat ini sangat disarankan. Akan lebih baik lagi jika kacamata yang anda gunakan memiliki UV-Filter.

Demikianlah sedikit sharing tentang pakaian di alam bebas, kesalahan dalam tulisan ini mohon dikoreksi. Akhir kata, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment