Thursday, April 9, 2015

Tips Mengambil Gambar Orang-orang dalam Travelling

Mengambil gambar orang-orang dalam sebuah perjalanan atau travelling terkadang menjadi sebuah kesulitan bagi seorang fotografer. Kebanyakan orang kurang nyaman untuk mendekati subjeknya dan meminta izin untuk mengambil gambar. Namun jika anda dapat mengendalikan ketakutan dan ketidaknyamanan anda, anda mungkin bisa mendapatkan foto yang sangat bagus dari perjalanan tersebut.

Agar pengambilan gambar tersebut dapat berjalan lebih mudah, mungkin anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Meminta izin

Datang kesuatu tempat yang baru lalu mengambil gambar orang-orang tidak anda kenal, tidak akan mudah untuk meminta izinnya. Bukan masalah orang yang akan di ambil gambarnya, tapi keberanian kita untuk meminta izin. Mungkin banyak diantara kita akan berusaha  mengambil gambar orang-orang secepat mungkin dan berusaha agar subjek tidak menyadarinya dan merasa terganggu, tapi kemungkinan anda untuk mendapatkan gambar yang baik akan menjadi kecil, karena itu usahakanlah untuk meminta izin.

2. Bersiap

Apakah anda pemalu atau bukan, anda harus siap saat akan mengambil gambar orang-orang, dan sebaiknya jadikan ini sebagai kebiasaan. Pikirkan lensa yang anda gunakan, lihat kondisi lingkungan, apakah anda perlu menaikkan ISO, apakah kecepatan rana sudah sesuai, apakah anda membutuhkan flash, apakah tutup lensa sudah dilepas. Hal ini sangat penting karena banyak orang memiliki kesibukan mereka sendiri dan tidak punya banyak waktu untuk bergaya di depan kamera anda.

3. Portrait atau portrait lingkungan sekitar?

Terserah yang menjadi preferensi anda, apakah fokus pada karakter orangnya, atau anda ingin mengisi foto itu dengan konteks lingkungan subjek tersebut. Foto portrait yang berfokus ke orangnya akan mengisolasi subjek dan mengambil detail dari wajah dan ekspresinya, atau atribut yang menjadi identitasnya.
Portrait lingkungan akan menambahkan konteks kedalam gambar yang anda ambil dan membantu viewer mempelajari lebih banyak tentang subjek anda. Untuk mengambil foto jenis ini sebaiknya anda menggunakan lensa lebar sehingga anda bisa mendapatkan lingkungan subjek tanpa kehilangan detail wajah.

4. Jangan takut mengarahkan gaya

Kebanyakan orang merasa canggung saat berada didepan kamera, karena itu jangan takut untuk mengarahkan mereka jika anda sudah mendapatkan izin. Arahkan gaya mereka untuk mendapatkan pose yang tepat dan membuat mereka nyaman dengan gayanya pada saat bersamaan. Apakah mereka lebih baik menggunakan kacamata ? atau topi? Berdiri atau duduk?

5. Temukan atraksi

Saat ini terdapat tempat-tempat wisata menjadi tempat seniman untuk menunjukkan karya mereka atau menghibur orang-orang. Coba pergi ke tempat-tempat semacam itu dan ambil gambar-gambar mereka. Penampilan mereka bisa menjadi objek yang sangat menarik untuk anda abadikan gambarnya.

6. Latihan

Bagian menarik dari mengambil foto orang-orang adalah anda dapat berlatih dengan cukup mudah. Dimanapun anda tinggal anda dapat meminta orang lain untuk menjadi model anda. Jika anda ingin melatih teknis foto anda, ajaklah teman atau keluarga untuk menjadi model anda.

Nah, itulah sedikit tips tentang mengambil foto orang saat travelling, semoga bermanfaat. Silahkan komentar dan masukannya.

No comments:

Post a Comment