Sunday, April 5, 2015

Perlunya Memasukkan Orang ke Dalam Foto

Dalam suatu perjalanan menuju suatu tempat wisata, seorang teman saya yang punya hobi fotografi mengatakan bahwa dia kurang menyukai foto lanskap. Kenapa demikian? Menurutnya, foto lanskap adalah foto yang tampak kosong. Sepulang dari perjalanan itu saya melihat foto-foto lanskap yang pernah saya ambil, ternyata banyak foto lanskap yang saya ambil terasa kosong.

Dari situ kemudian saya berkesimpulan bahwa memasukkan manusia ke dalam foto yang kita ambil bisa membuat foto yang kita ambil lebih berisi. Setelah browsing-browsing, ternyata ada beberapa alasan yang membuat kita perlu untuk memasukkan orang-orang ke dalam foto kita, berikut adalah beberapa alasan tersebut:

1. Memberikan kesan skala perbandingan

Sulit untuk melihat ukuran objek yang anda foto tanpa memasukkan sesuatu yang cukup familiar kedalamnya sebagai pembanding. Misalnya menempatkan seseorang didekat sebuah pohon, anda akan dapat langsung membayangkan ukuran atau tinggi pohon tersebut, atau sebuah air terjun seperti gambar dibawah ini. Adanya orang pada gambar dibawah membuat pemandangan air terjun ini terlihat besar dan dramatis.

Orang memberikan kesan skala (Foto oleh Marcel Alveri Adis)

2. Memberikan konteks kepada foto

Adanya manusia dalam sebuah foto dapat menjadi cara untuk berkomunikasi dengan orang yang melihat foto anda. Misalnya saat orang yang berjalan disebuah lembah yang dikeliling gunung-gunung bisa menunjukkan sebuah aktifitas petualangan.

3. Orang dalam foto dapat menyampaikan cerita

Memasukkan orang-orang kedalam foto yang anda ambil dapat membantu menyampaikan cerita tentang foto tersebut. Misalnya orang yang sedang bertani, sedang piknik, dan lain sebagainya.

4. Orang sebagai point of interest

Manusia dalam sebuah foto dapat menjadi point of interest dari foto tersebut, terutama jika objek yang akan anda ambil memiliki warna dan pola yang monoton. Dengan menempat seseorang dalam foto tersebut, ia dapat memecah kebosanan dalam foto tersebut dan menghasilkan gambar yang lebih baik.

Kira-kira seperti itulah keuntungan memasukkan orang kedalam foto yang anda ambil. Bagaimana pengalaman anda sendiri?

No comments:

Post a Comment