Monday, April 6, 2015

Pantai Alami Batu Belat, Kalimantan Barat

Pantai Batu Belat adalah pantai alami yang terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Belum banyak orang Kalimantan Barat (Kalbar) yang mengenal pantai yang satu ini, dan memang masih cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan. Dibandingkan pantai lainnya seperti Pantai Pasir Panjang Indah, Sinka Island dan Pantai Kura-kura, Pantai Batu Belat memiliki fasilitas yang lebih terbatas, namun untuk fasilitas standar seperti toilet dan kamar mandi telah tersedia walaupun jumlahnya tidak banyak. Ada juga beberapa villa pribadi yang bisa anda sewa jika anda mau.

Pantai Berpasir Batu Belat Kabupaten Bengkayang
Pantai Alami Batu Belat, Sungai Raya Kepulauan

Kegiatan yang bisa dilakukan

Di pantai yang masih asri dan alami ini kita masih bisa menikmati suasana yang tenang dengan pemandangan laut dan semak-semak yang masih rimbun serta perbukitan yang menghijau. Kondisi alami ini juga menjadi daya tarik bagi orang-orang yang menyenangi kegiatan alam bebas. Adapun beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di pantai ini misalnya:

  • Untuk yang senang dengan kegiatan hiking tracking, anda bisa mendaki perbukitan Tanjung Gundul yang memanjang hingga ke Pantai Kura-kura. Dari atas perbukitan itu anda bisa  menikmati pemandangan perbukitan yang menghijau dan berbatasan dengan lautan lepas. 
  • Untuk yang ingin sekedar camping, anda bisa mengambil tempat di lapangan yang berada tidak jauh dari pantai, atau masuk ke dalam hutan atau kebun milih masyarakat setempat. Tentu saja anda harus meminta izin kepada empunya lahan.
  • Lanskap alami pantai ini dapat dijadikan tempat hunting foto pagi fotografer yang berada di sekitar kawasan Pantai Barat Kalbar. Jika anda mengunjungi pantai ini, jangan lupa juga untuk menikmati pemandangan di pantai berbatu yang berada di sebelah selatan pantai berpasir Batu Belat.

Pantai Indah Batu Belat Bengkayang, Kalimantan Barat
Pantai Berbatu Batu Belat - Sungai Raya Kepulauan

Pantai Pasir Batu Belat - Bengkayang

Lapangan Pantai Batu Belat

Pondok Sampan Tepi Pantai Batu Belat

Akses masuk

Jalan akses masuk ke Pantai Batu belat adalah jalan yang sama dengan akses masuk Pantai Kura-kura dari jalan Raya Pontianak - Singkawang. Dari pantai Kura-kura, anda dapat berjalan atau berkendara sepanjang pantai menuju arah selatan. Setelah melewati bukit kecil yang membentuk tanjung, anda akan langsung melihat pantai ini.

No comments:

Post a Comment