Skip to main content

Berapa Banyak Kopi yang Sebaiknya Anda Minum Sehari

Kopi adalah salah satu minuman favorit di dunia, bermula dari penemuannya oleh seorang pengembala domba di Afrika, kopi berkembang menjadi semacam budaya di seluruh dunia. Kopi terus berkembang menjadi berbagai macam jenis, seperti espresso, capuccino, mocacino dan lain sebagainya. Dari berbagai pembicaraan tentang kopi, salah satu hal yang paling menarik adalah berapa banyak kopi yang bisa atau sebaiknya kita mimum dalam sehari?

Secangkir Kopi (Kredit Trophygeek)

Tentang Kafein

Umum diketahui bahwa kafein dalam dosis sedang bisa meningkatkan kewaspadaan mental, melawan sakit kepala, bahkan mencegah penyakit seperti diabetes, Alzheimer tipe 2 dan jenis-jenis kanker tertentu. Namun meminum kopi dalam jumlah yang berlebihan dapat berdampak sangat buruk pada kesehatan anda. Jika anda penggemar kopi, baca ini dulu sebelum meminum cangkir kopi ke enam anda hari ini.

Kafein adalah stimulan psikoaktif yang paling banyak digunakan, target kerja senyawa ini adalah sistem saraf pusat dan meningkatkan kewaspadaan otak. Menurut FDA (BPOM Amerika Serikat), 400 mg kafein perhari (setara dengan empat cangkir kopi) adalah jumlah kafein yang aman untuk dikonsumsi oleh seorang dewasa. Kafein yang terlalu banyak -sekitar 500-600 mg- dapat berbahaya. Menyebabkan tubuh kurang istirahat, tremor, iritabilitas, insomnia dan masalah perut.

Mungkin banyak diantara kita yang berpikir bahwa kafein yang berasal dari kopi, padahal kafein juga terdapat dalam konsentrasi tinggi pada coklat dan soda. Bahkan saat ini kafein juga ditambahkan ke permen atau minuman lainnya. Hal ini dapat menjadi masalah karena kita tidak tahu sudah berapa banyak kita memasukkan kafein kedalam sistem tubuh kita. Sementara konsumsi berbagai diet tersebut dapat membuat kita dengan mudah melewati batas aman konsumsi kafein harian kita.

Sementara efek stimulan kafein akan bervariasi untuk setiap orang tergantung pada sejumlah faktor seperti indeks masa tubuh, penggunaan obat dan kondisi kesehatan seperti gangguan kecemasan. Mengetahui berapa banyak kafein yang anda konsumsi sehari-hari menjadi kunci untuk mengoptimalkan manfaat positif kopi yang bisa anda dapatkan dari kafein seperti meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan saat anda membutuhkannya.

Secangkir kopi dapat mengandung sekitar 115 mg kafein, secangkir espresso dan kopi tubruk atau kopi saring dapat mengandung sekitar 80 mg, sedangkan kopi instan dapat mengandung sekitar 65 mg kafein. Satu kaleng soda Coca Cola mengndung sekitar 23 mg kafein. Teh juga mengandung kafein sekitar 40 mg per cangkirnya, sedangkan coklat mengandung sekitar 20 mg.

Minums Sedikit-sedikit Lebih Baik

Kebanyakan kita meminum kopi dalam jumalh besar pada pagi hari, ternyata cara tersebut kurang efektif untuk mendapatkan manfaat kopi secara lebih efektif. Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kafein adalah dengan meminum sedikit-sedikit, namun sering, sekitar seperempat cangkir setiap jam. Strategi tersebut adalah cara terbaik untuk tetap on dan terjaga sepanjang hari.

Kafein mencapai puncak konsentrasi dalam darah setelah 30 sampai 60 menit setelah di konsumsi dan tetap tinggi selama tiga hingga lima jam kemudian. Mengkonsumsi dalam jumlah kecil secara berkala bisa menjadi alternatif cara untuk menahan ketergantungan anda sehingga tidak mengkonsumsi kafein lebih banyak lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Horor Kampus IPB Baranangsiang

Kota Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah bangunan kampus IPB Dramaga yang berada di tengah-tengah kota bogor, seberang jalan Kebun Raya Bogor. Sebagian area kampus ini sekarang telah menjadi bangunan yang kita kenal sebagai Mall Botani Square, Alhamdulillah pemerintah kota Bogor bersama pejabat-pejabat di Institut Pertanian Bogor telah menetapkan bangunan Kampus IPB Baranangsiang tersebut sebagai sebuah situs cagar budaya.


Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Bogor, kampus IPB Baranangsiang memiliki banyak kisah Urban Legend. Beberapa yang paling terkenal adalah kisah tentang dosen misterius dan elevator tua. Kisah tentang dosen misterius saya dengar dari salah satu teman  sekelas saya di Pascasarjana ARL, beliau mendapatkan cerita itu dari seorang kakak tingkatnya. Jadi saya juga tidak mendapatkan langsung dari yang mengalaminya sendiri.

Menurut cerita teman saya tersebut, pada suatu malam (kuliah malam), suatu ruang kuliah sudah di penuhi oleh…

10 Perlengkapan Utama Kegiatan Alam Bebas

Menurut anda, apa perlengkapan paling penting dalam kegiatan di alam bebas? Tentunya banyak jawaban yang mungkin bisa diberikan untuk jawaban ini, pun kita harus tahu dengan medan seperti apa yang akan kita jelajahi.

Namun, bagaimanapun medannya, ada perlengkapan yang sebaiknya selalu kita bawa apapun makanannya, eh, apapun medannya.

Secara garus besar, terdapat sepuluh perlengkapan utama yang harus selalu kita bawa saat berpetualang di alam bebas. Perlengkapan yang bisa membantu kita untuk mendapatkan kegiatan camping atau hiking yang aman, nyaman, dan seru. Sepuluh perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Peralatan Navigasi Peralatan navigasi klasik terdiri dari kompas, peta, protractor, dan altimeter. Anda bisa mempelajari cara penggunaan perlengkapan navigasi ini sendiri dengan membaca buku atau mencari artikel di internet, tapi mungkin akan jauh lebih mudah dan cepat jika anda mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan atau bergabung dengan klum pencinta alam.

2. Pelindun…

Tips Submit Artikel di Vivalog agar di Approve

Sudah bebeberapa artikel saya submit di vivalog, sudah beberapa kali malah, tapi tidak satu pun yang masuk dan di publish di sana. Rasanya agak frustasi juga (yang ringan saja), karena agak bertanya-tanya apa yang salah dari artikel saya. Saya pun mencari-cari apa yang salah dengan artikel yang saya submit di beberapa blog melalui google. Akhirnya karena tidak juga menemukan jawaban yang memuaskan saya melepas i-frame dari vivalog karena merasa ada ketidakadilan. Sementara saya memasang frame di blog saya, vivalog tidak menerima satupun artikel yang saya submit.
Kemarin, saya mencoba kembali submit artikel di vivalog, Alhamdulillah, saya sangat bersyukur ternyata kali kemarin artikel saya bisa di approve dan di publish di vivalog. Bahkan langsung menjadi salah satu artikel populer, dan seperti penjelasan di banyak blog lainnya, visitor saya langsung meroket hingga sepuluh kali lipat. Rasanya jadi terbayar sekali saya membuat atau menyadur artikel di blog saya.
Saya kemudian berpikir …