Saturday, April 11, 2015

Atraksi Seni di Taman Fatahillah Square

Fatahillah Square termasuk objek wisata sejarah, di kawasan ini kita bisa melihat beberapa museum yang menyimpan koleksi benda bersejarah, yaitu museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Keramik. Namun selain keberadaan museum-museum sejarah tersebut, ada juga yang menarik di taman yang selalu ramai ini, yaitu atraksi-atraksi unik dari seniman-seniman yang sangat menarik pengunjung. Beberapa diantara atraksi seni tersebut adalah sebagi berikut:

Lenong

Sebenarnya saya tidak yakin atraksi dengan personil yang ramai ini lenong atau bukan, tapi karena percakapannya menggunakan bahasa betawi dan cukup komunikatif seperti lenong, jadi saya sebut lenong saja. Atraksi ini melibatkan beberapa orang pemain akrobat sekaligus dialog-dialog lucu.

Atraksi Lenong Akrobatik

Boneka Ondel-ondel

Boneka ondel-ondel adalah boneka khas masyarakat Betawi yang dimainkan pada acaara-acara besar, tapi di Fatahillan Square, anda tidak perlu menunggu perayaan hari besar untuk melihat ondel-ondel, cukup datang ke sana dan anda bisa bergaya bersama boneka besar ini.
Ondel-ondel di Fatahillah Square

Patung Tentara

Dua kali saya mengunjungi Alun-alun Fatahillah, saya melihat dua penampakan patung tentara yang berbeda. Yang pertama yang biasa saja, mereka berdiri disamping meriam yang berada di depan gedung Museum Fatahillah, patung tentara yang ini hanya menjadi objek foto. Kali kedua saya melihat yang agak berbeda, lebih kreatif. Tampak seperti pantomim, mereka benar-benar tampak seperti patung, duduk diatas udara.

Patung Tentara dekat Meriam Fatahillah Square

Tentara Pantomim di Fatahillah Square

Vampire Akatsuki

Untuk penggemar Naruto tentu tahu dengan Akatsuki, oganisasi penjahat dalam anime tersebut. Di Fatahillah Square anda bisa juga melihat anggota geng ini, tapi dalam versi Vampire-vampire dalam film Cina tahun 2000-an.

Vampire Akatsuki di Fatahillah Square
Sebenarnya masih banyak lagi atraksi menarik lainnya yang bisa anda lihat di alun-alun Fatahillah, tapi sementara ini hanya empat atraksi diatas yang saya lihat. Mungkin anda tertarik melihatnya? Silahkan datang ke Fatahillah Square Kota Tua Jakarta.

No comments:

Post a Comment