Skip to main content

10 Perlengkapan Utama Kegiatan Alam Bebas

adventure gear - equipment
Sebagian perlengkapan petualangan alam bebas
Menurut anda, apa perlengkapan paling penting dalam kegiatan di alam bebas? Tentunya banyak jawaban yang mungkin bisa diberikan untuk jawaban ini, pun kita harus tahu dengan medan seperti apa yang akan kita jelajahi.

Namun, bagaimanapun medannya, ada perlengkapan yang sebaiknya selalu kita bawa apapun makanannya, eh, apapun medannya.

Secara garus besar, terdapat sepuluh perlengkapan utama yang harus selalu kita bawa saat berpetualang di alam bebas. Perlengkapan yang bisa membantu kita untuk mendapatkan kegiatan camping atau hiking yang aman, nyaman, dan seru. Sepuluh perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Peralatan Navigasi

Peralatan navigasi klasik terdiri dari kompas, peta, protractor, dan altimeter. Anda bisa mempelajari cara penggunaan perlengkapan navigasi ini sendiri dengan membaca buku atau mencari artikel di internet, tapi mungkin akan jauh lebih mudah dan cepat jika anda mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan atau bergabung dengan klum pencinta alam.

2. Pelindung Tubuh

Kondisi alam liar yang umumnya sulit diduga harus di hadapi dengan persiapan yang matang. Terkait dengan cuaca, anda harus benar-benar memperhatikan perlengkapan pelindung tubuh atau insulator. Pelindung tubuh atau insulator berfungsi untuk melindungi tubuh dari kondisi ekstrim lingkungan yang mungkin anda alami saat berkegiatan di alam bebas. Perlengkapan insulasi ini terdiri dari pakaian, jaket, topi, sarung tangan, kaos kaki, dan sepatu.

Tips Hiking:
Tips Penggunaan Pakaian di Alam Bebas
Jenis jenis Sepatu Untuk Mendaki Gunung

3. Sumber Api

Sumber api sangat penting dalam kegiatan alam bebas, lebih lagi dalam kondisi survival alam bebas. Sumber api sangat dibutuhkan untuk membuat pemanas yang membantu melindungi tubuh kita dari resiko kedinginan. Selain itu tentu saja untuk kebutuhan masak memasak.
Anda bisa saja menggunakan pemantik api, tapi sebaiknya cadangkan matches atau korek api dalam perlengkapan survival kit anda untuk berjaga-jaga. Matches harus disimpan dalam wadah yang kedap air untnuk menghindari potensi basah.
Tips Hiking:
Jenis-jenis Kompor Lapangan Pendakian Gunung

4. Alat Penerangan

Saat berada di lapangan ada dua alat penerangan yang dibutuhkan, yaitu alat penerangan mobile dan standby (ini istilah saya sendiri... hehe). Alat penerangan mobile adalah alat penerangan yang bisa dibawa-bawa.Terdiri dari headlamps dan atau senter. Setiap orang harus memiliki penerangan pribadi masing-masing untuk keamanan dan kemudahan dalam beraktifitas, terutama jika terpaksa harus berjalan malam.
Penerangan standby adalah perlengkapan camp atau kelompok. Penerangan ini di tempatkan di dalam tenda atau disekitar tempat camping.

5. Makanan

Setiap hari manusia membutuhkan nutrisi, terlebih saat berkegiatan di alam bebas. Banyak pilihan makanan yang bisa kita bawa, untuk orang Indonesia beras adalah pilihan utama untuk menjadi sumber energi. Untuk lauk terserah masing-masing. Namun jangan remehkan cemilan, cemilan dapat membantu mengisi perut pada saat tanggung atau dalam perjalanan. Mengisi perut dengan cemilan bisa menjadi sumber energi yang cepat dapat dipakai, terutama saat malam hari. Pada malam hari, cemilan dapat membantu menghangatkan tubuh.
Namun perhatikan remah-remah yang mungkin tercecer, karena bisa menjadi penarik perhatian satwa liar.

6. Air

Dalam setiap kegiatan di alam bebas, sangat disarankan untuk membawa air minum. Walaupun anda tahu bahwa disekitar lokasi kegiatan banyak tersedia air, paling tidak bawalah wadahnya seperti botol atau jirigen kecil.  Anda juga bisa membawa alat penyaring air untuk berjaga-jaga dari kondisi darurat.

7. Shelter 

Umumnya penggiat kegiatan alam bebas menggunakan tenda sebagai tempat berlindung atau shelter, ukurannya tergantung kebutuhan. Tenda yang terlalu besar tentu berat, terlalu kecil tentu tidak muat, karena itu perhitungkan kapasitas tenda. Untuk keadaan emergency, setiap personil peserta kegiatan sebaiknya membawa shelter darurat masing-masing. Kita bisa menggunakan flysheet, atau paling tidak ponco atau jas hujan model lebar bisa kita gunakan. Jika sangat terpaksa, plastik packing atau trashback bisa kita korbankan untuk membuat shelter.
Tips Hiking:
Tips Memilih Lokasi Camping yang Tepat

8. Alat Serbaguna

Perlengkapan ini maksudnya untuk berjaga-jaga memperbaiki peralatan lain yang rusak. Perlengkapan perbaikan bisa terdiri dari pisau lipat Victorinox yang serbaguna. Jarum dan benang termasuk dalam perlengkapan ini, untuk berjaga-jaga sekiranya ada pakaian atau bagian tas yang robek. Dalam keadaan darurat, harum dan benang dapat digunakan untuk memancing atau membuat jebakan/trap.

9. Obat-obatan pribadi

Setiap petualang harus membawa obat-obatan pribadi masing-masing, terlebih untuk yang memiliki masalah kesehatan spesifik. Obat-obatan pribadi sebaiknya juga memasukkan obat-obatan umum, terutama untuk pertolongan pertama terhadap luka, misalnya antibiotik, perban, plaster luka, kapas pembalut luka, obat penahan sakit, anti gatal-gatal, dan sebagainya.

10. Perlindungan dari matahari

Perlengkapan yang satu ini mungkin terkesan remeh, padahal perlengkapan perlindungan dari matahari sangat penting untuk melindungi diri dari sengatan matahari yang membakar. Suhu udara di ketinggian memang sangat rendah, namun bukan berarti sengat matahari menjadi ramah. Di ketinggian, sengatan matahari justru lebih tajam, jika tidak melindungi diri dengan sunscreen, kulit bisa terbakar, bahkan lebih parah dari pada panasnya sengatan matahari di pantai. Karena itu sebaiknya gunakanlah sunscreen atau pelembab kulit.

Mata juga perlu dilindungi dari sinar matahari, karena di atas gunung, sinar matahari lebih menyilaukan, apatah lagi di atas gunung es. Jika punya budget yang memadai, anda dapat membeli kacamata anti uv untuk melindungi mata.

Baca juga: 10 Tips Travelling Petualangan

Demikianlah sedikit penjelasan tentang perlengkapan utama pendakian gunung ini, tentunya masih jauh lebih baik dan banyak sekali orang-orang yang lebih berpengalaman di luar sana. Pada mereka anda bisa bertanya, sedangkan bacaan ini bisa menjadi bacaan awal anda untuk mendapatkan gambaran tentang perlengkapan-perlengkapan utama pendakian gunung atau berkegiatan di alam bebas.

Akhir kata, semoga bacaan ini bermanfaat bagi kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Horor Kampus IPB Baranangsiang

Kota Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah bangunan kampus IPB Dramaga yang berada di tengah-tengah kota bogor, seberang jalan Kebun Raya Bogor. Sebagian area kampus ini sekarang telah menjadi bangunan yang kita kenal sebagai Mall Botani Square, Alhamdulillah pemerintah kota Bogor bersama pejabat-pejabat di Institut Pertanian Bogor telah menetapkan bangunan Kampus IPB Baranangsiang tersebut sebagai sebuah situs cagar budaya.


Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Bogor, kampus IPB Baranangsiang memiliki banyak kisah Urban Legend. Beberapa yang paling terkenal adalah kisah tentang dosen misterius dan elevator tua. Kisah tentang dosen misterius saya dengar dari salah satu teman  sekelas saya di Pascasarjana ARL, beliau mendapatkan cerita itu dari seorang kakak tingkatnya. Jadi saya juga tidak mendapatkan langsung dari yang mengalaminya sendiri.

Menurut cerita teman saya tersebut, pada suatu malam (kuliah malam), suatu ruang kuliah sudah di penuhi oleh…

Jenis-jenis Sepatu untuk Mendaki Gunung

Sepatu adalah salah satu perlengkapan paling vital dalam sebuah pendakian gunung, sebuah pendakian bisa menjadi sebuah perjalanan penuh derita jika anda salah memilih sepatu mendaki. Karena itu, pilihlah sepatu yang tepat untuk pendakian anda.  Tapi seperti apa sepatu yang baik untuk mendaki gunung? Hal ini akan tergantung dari medan yang akan anda lewati, lain padang lain ilalang, lain medan lain sepatu... :) Setelah mengetahui  medan pendakian yang anda lewati, berikut ini adalah beberapa jenis sepatu yang bisa anda pertimbangkan untuk anda gunakan dalam pendakian tersebut.
Sepatu Hiking (Hiking Shoe) Sepatu model potongan rendah dengan sol fleksibel, jenis sepatu ini cocok untuk pendakian harian. Bentuknya serupa dengan sepatu lari atau olahraga. Banyak backpacker ultralight yang menggunakan sepatu jenis ini untuk perjalan jauh, namun jenis sepatu ini mendukung lebih sedikit macam kegiatan. Sepatu ini cocok jika anda bepergian ke tempat yang memiliki jalur yang jelas dan jalur pen…

Jenis-jenis Kompor Lapangan Pendakian Gunung

Kurang rasanya kalau camping atau naik gunung nggak makan, apalagi nggak ngopi, Eits, ini pendapat yang sesat, naik gunung ya harus makan, baru ngopi. Tapi tentu saja kita harus punya alat masaknya, dan yang penting adalah kompor lapangan. Bagi yang udah sering naik gunung pasti tahu, tapi yang nubi-nubi sejenis saya ini mungkin kurang paham. Karena itu, saya ingin berbagi apa yang baru saja saya rangkum dari pencarian di berbagai sumber tentang jenis-jenis kompor lapangan.

Baca juga:
4 Hal Menyenangkan dari Camping
Camping Membuang Jenuh


Setelah saya baca-baca, ternyata banyak sekali jenis kompor lapangan, namun secara garis besar untuk membahasnya, kita dapat pengelompokan kompor lapangan berdasarkan jenis bahan bakarnya. Nah berdasarkan jenis bahan bakarnya ini, ada tiga jenis kompor lapangan, yaitu yang berbahan bakar gas, cair dan padat.
Kompor Lapangan Berbahan Bakar Padat Jenis kompor ini lebih umum dikenal sebagai kompor parafin, kompor jenis ini umum dipakai oleh personil tenta…