Skip to main content

Tips Memilih Lokasi Camping yang Tepat

Camping adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan di dunia ini (setidaknya menurut saya, hehe), kenapa menyenangkan? Silahkan baca disini. Memilih tempat camping yang benar adalah salah satu hal yang sangat penting jika anda ingin mendapatkan pengalaman camping yang maknyus. Tapi, bagaimana cara memilih tempat camping yang tepat? Beberapa penjelasan berikut mungkin bisa membantu anda.

Camping dan Mendaki Gunung Gede - Alun-alun Surya Kencana
Lokasi Camping di Alun-alun Suryakencana Gunung Gede, Taman Nasional Gede Pangrango

Permukaan Tanah

Menentukan dimana anda akan tidur adalah keputusan paling penting saat anda memilih lokasi untuk camping. Pastikan anda memilih lokasi yang datar dan rata. Tanah yang miring bisa membuat anda kurang nyenyak tidur dan terbangun dimalam hari karena posisi tubuh yang bergeser kebawah. Tanah yang tidak rata pastinya tidak nyaman untuk tubuh anda. Jika anda dalam kegiatan pendakian gunung, tidur harus berkualitas. Tidur berkualitas harus dimulai dari tempat tidur yang baik.

Keteduhan

Keteduhan adalah faktor pemilihan lokasi camp yang penting setelah permukaan tanah. Pada malam hari keteduhan memang tidak diperlukan, tapi bangun pagi lewat dari jam 7 tidak akan menyenangkan bagi tubuh anda. Apalagi jika hari anda dihabiskan di lokasi camping, tenda akan menjadi sangat panas dan tidak akan nyaman untuk dimasuki.

Apa yang ada Diatas

Kita perlu keteduhan, tapi perhatikan juga apa yang menjadi peneduh kita. Hindari membangun tenda dibawah batang pohon yang sudah mati, hindari tempat di dekat tebing yang banyak terdapat batu yang mudah jatuh. Jika camping di pantai, hindari tempat-tempat di bawah pohon kelapa yang banyak buahnya.

Apa yang ada Disekeliling

Alam liar adalah tempat yang tampak sangat random, kita akan relatif sering berhadapan dengan bahaya. Karena itu penting untuk memperhatikan sekeliling kita. Saat membangun tenda lihat sekeliling lokasi, adakah bahaya yang berpotensi mengancam keselamatan anda? Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah:
  • adakah jalur binatang buas didekat lokasi,
  • camping di dekat sumber air akan sangat menguntungkan, tapi usahakan untuk mengecek lokasi tersebut bukan tempat yang biasa digunakan hewan liar yang berbahaya untuk minum,
  • periksa apakah lokasi camping berpotensi banjir, 
  • adakah sarang serangga disekitar lokasi camping, serangga yang berbahaya misalnya lebah, tawon, semut, dan yang jarang diperhatikan namun seringkali menimbulkan masalah yang sangat mengganggu yaitu ulat bulu,
  • Cari tempat yang memiliki pelindung untuk menghindari angin kencang atau badai, bisa pohon atau batu besar, tenda yang bergoyang-goyang saat kita sedang ingin tidur sangat tidak menyenangkan.

Privasi

Sebagian orang memang ada yang senang dengan keramaian, bahkan saat camping. Lokasi camping dekat dengan lokasi kelompok lain juga akan meningkatkan rasa aman. Tetapi ada juga yang lebih senang dengan suasana yang tenang. Jika anda termasuk pencari ketenangan, ambil jarak yang cukup dengan lokasi camping kelompok lain. Terlalu dekat mungkin bisa membuat suasana yang ganjil (awkward).

Luas Ruang

Setelah permukaan tanah, peneduh dan privasi, mari kita bicara tentang luasan area camping anda. Jika anda camping sendiri atau hanya dengan beberapa orang teman, hanya dibutuhkan sedikit ruang. Tapi jika anda camping beramai-ramai, tentu lebih luas area yang dibutuhkan. Dua hal utama dalam menentukan luasan area tenda adalah ruangan untuk tenda dan ruangan untuk dapur/memasak. Kedua hal ini normalnya memiliki jarak aman yang cukup. Jika ada kegiatan lain yang ingin dilakukan, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Bagaimanapun, meskipun anda sedang campin, bukan berarti anda harus meninggalkan seluruh kenyamanan seperti di rumah.

Terakhir, saat anda akan memilih lokasi untuk camping, sangat penting untuk tetap berpikir tentang apa yang anda butuhkan. Jumlah orang yang ikut serta, jenis aktifitas yang akan dilakukan, akses jalur jalan, sumber air terdekat, semua faktor ini menentukan seberapa baik area camping anda. Jadi, keluarlah menuju alam liar, bersenang-senanglah, tapi tetap prioritaskan keselamatan dan pastikan anda meninggalkan lokasi camping anda bersih seperti ketika anda baru mendatanginya.

Sumber: http://www.backcountry.com/

Comments

Popular posts from this blog

Horor Kampus IPB Baranangsiang

Kota Bogor memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah bangunan kampus IPB Dramaga yang berada di tengah-tengah kota bogor, seberang jalan Kebun Raya Bogor. Sebagian area kampus ini sekarang telah menjadi bangunan yang kita kenal sebagai Mall Botani Square, Alhamdulillah pemerintah kota Bogor bersama pejabat-pejabat di Institut Pertanian Bogor telah menetapkan bangunan Kampus IPB Baranangsiang tersebut sebagai sebuah situs cagar budaya.


Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Bogor, kampus IPB Baranangsiang memiliki banyak kisah Urban Legend. Beberapa yang paling terkenal adalah kisah tentang dosen misterius dan elevator tua. Kisah tentang dosen misterius saya dengar dari salah satu teman  sekelas saya di Pascasarjana ARL, beliau mendapatkan cerita itu dari seorang kakak tingkatnya. Jadi saya juga tidak mendapatkan langsung dari yang mengalaminya sendiri.

Menurut cerita teman saya tersebut, pada suatu malam (kuliah malam), suatu ruang kuliah sudah di penuhi oleh…

Jenis-jenis Sepatu untuk Mendaki Gunung

Sepatu adalah salah satu perlengkapan paling vital dalam sebuah pendakian gunung, sebuah pendakian bisa menjadi sebuah perjalanan penuh derita jika anda salah memilih sepatu mendaki. Karena itu, pilihlah sepatu yang tepat untuk pendakian anda.  Tapi seperti apa sepatu yang baik untuk mendaki gunung? Hal ini akan tergantung dari medan yang akan anda lewati, lain padang lain ilalang, lain medan lain sepatu... :) Setelah mengetahui  medan pendakian yang anda lewati, berikut ini adalah beberapa jenis sepatu yang bisa anda pertimbangkan untuk anda gunakan dalam pendakian tersebut.
Sepatu Hiking (Hiking Shoe) Sepatu model potongan rendah dengan sol fleksibel, jenis sepatu ini cocok untuk pendakian harian. Bentuknya serupa dengan sepatu lari atau olahraga. Banyak backpacker ultralight yang menggunakan sepatu jenis ini untuk perjalan jauh, namun jenis sepatu ini mendukung lebih sedikit macam kegiatan. Sepatu ini cocok jika anda bepergian ke tempat yang memiliki jalur yang jelas dan jalur pen…

Jenis-jenis Kompor Lapangan Pendakian Gunung

Kurang rasanya kalau camping atau naik gunung nggak makan, apalagi nggak ngopi, Eits, ini pendapat yang sesat, naik gunung ya harus makan, baru ngopi. Tapi tentu saja kita harus punya alat masaknya, dan yang penting adalah kompor lapangan. Bagi yang udah sering naik gunung pasti tahu, tapi yang nubi-nubi sejenis saya ini mungkin kurang paham. Karena itu, saya ingin berbagi apa yang baru saja saya rangkum dari pencarian di berbagai sumber tentang jenis-jenis kompor lapangan.

Baca juga:
4 Hal Menyenangkan dari Camping
Camping Membuang Jenuh


Setelah saya baca-baca, ternyata banyak sekali jenis kompor lapangan, namun secara garis besar untuk membahasnya, kita dapat pengelompokan kompor lapangan berdasarkan jenis bahan bakarnya. Nah berdasarkan jenis bahan bakarnya ini, ada tiga jenis kompor lapangan, yaitu yang berbahan bakar gas, cair dan padat.
Kompor Lapangan Berbahan Bakar Padat Jenis kompor ini lebih umum dikenal sebagai kompor parafin, kompor jenis ini umum dipakai oleh personil tenta…