Wednesday, March 18, 2015

Tentang Cemaru

Jika teman-teman membaca blog ini, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa namanya Cemaru? Apakah arti dari Cemaru? Walaupun saya sadar masalah ini sangat sangat kecil kemungkinannya menjadi polemik bagi para pengunjung blog ini, akan saya ceritakan tentang arti dari Cemaru.

Cemaru adalah bahasa Dayak dari hewan yang kita kenal sebagai badak. Lalu kenapa blog ini dinamakan Cemaru? Nama ini terinspirasi dari nama angkatan saya disebuah organisasi kepencintaalaman di kampus saya dulu, Tapak Cemaru yang disingkat TC. Mungkin teman-teman tidak memerlukan informasi ini, tapi saya perlu menyampaikan informasi tentang kenapa angkatan tersebut di namai sebagai Tapak Cemaru. Begini ceritanya.

Alkisah pada tahun 2004, saya dan tujuh orang teman saya beserta mentor serta tiga orang local guide mendaki sebuah gunung di daerah yang sekarang termasuk dalam Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Dalam perjalan pendakian gunung tersebut, kami menemukan sebuah larikan seperti parit di salah satu bukit yang kami lewati. Menurut guide yang menemani kami, parit tersebut adalah bekas laluan Badak atau cemaru. Karena itulah, kami berdelapan memilih Tapak Cemaru sebagai nama angkatan kami. Selanjutnya, nama Cemaru yang menurut saya relatif unik, saya pilih sebagai nama blog ini.

Itulah sekelumit kisah tentang Cemaru, salah satu spesies paling langka di muka bumi ini. Salah satu spesies yang jumlah individunya diperkirakan tidak lebih dari 100 ekor. Satwa yang semakin terdesak oleh kebutuhan manusia akan r-uang.

Tam - Badak Sumatera Kalimantan (Foto oleh Jeremy Hance)

0 comments:

Post a Comment