Friday, March 27, 2015

Pantai Pasir Panjang Indah Singkawang

Pantai Pasir Panjang Indah adalah objek wisata pantai tertua di kawasan pantai barat Kalimantan Barat. Pantai Pasir Panjang Indah terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kotamadya Singkawang. Dari Kota Pontianak, Pantai Pasir Panjang Indah dapat dicapai dalam waktu sekitar 3-4 jam jalan darat melalui jalan aspal yang halus. Dari Singkawang Pantai ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 20-30 menit.

Tanjung Bajau
Pemandangan Pantai Pasir Panjang Midground adalah Tanjung Bajau - Singkawang

Pantai Pasir Panjang dinamai demikian bukan karena butiran pasirnya yang panjang, namun dikarenakan pantai ini membentang dengan panjang mencapai sekitar 7-8 km menghadap Laut Cina Selatan. Pantai berpasir yang membentang inilah yang menjadi atraksi bagi pengunjung dari berbagai wilayah lain di Kalimantan Barat.

Tanjung Gundul
Pemandangan Pantai Pasir Panjang Singkawang

Ombak laut Cina selatan yang  mendarat di Pantai Pasir Panjang Indah memiliki kekuatan yang relatif rendah, sehingga relatif aman bagi pengunjung yang ingin mandi di tepiannya. Membawa anak-anak bermain juga relatif aman asalkan tidak lepas dari pengawasan orang tua. Bagaimanapun kondisi pantai, orang tua yang membawa anak-anak ke pantai harus sangat-sangat menjaga keamanan anak-anaknya.

Bermain Air di Pinggir Pantai Pasir Panjang Indah

Kawasan sekitar pantai ini juga relatif masih alami dengan pemandangan perbukitan di sisi utaranya yang sekarang dikenal sebagai objek wisata Taman Rindu Alam.

Pasir di kawasan wisata Pantai Pasir Panjang Indah adalah jenis pasir kuning dengan tekstur yang halus sehingga cukup nyaman dan aman bagi anak-anak untuk bermain-main di atasnya. Pada sebagian kecil dari objek ini juga ada pantai yang berbatu, terkadang area pantai berbatu ini dijadikan spot memancing ikan oleh pengunjung.

Main pasir
Bermain Pasir bersama Keluarga di Pantai Pasir Panjang Singkawang

Dibandingkan dengan objek wisata pantai lainnya di pantai Barat Kalimantan Barat, Pantai Pasir Panjang memiliki fasilitas yang relatif paling lengkap. Poin inilah yang menjadi andalan Pantai Pasir Panjang Indah, sementara semakin banyak objek-objek wisata pantai yang baru dibuka. Beberapa fasilitas utama yang terdapat di Pantai Pasir Panjang Indah yaitu
  • Penginapan kecil hingga hotel yang cukup berkelas,
  • Tempat bermain anak-anak,
  • Warung-warung jajajan dan warung makan,
  • Bila air laut membuat badan kurang nyaman, anda bisa berbilas di dalam kamar mandi yang banyak tersedia tidak jauh dari pinggiran pantai.
  • Jika ingin berbilas sambil menikmati air dari perbukitan, anda dapat berenang di kolam renang yang terdapat di ujung utara pantai.
  • Juga terdapat sirkuit grasstrack yang biasanya digunakan untuk event balapan, bahkan event level nasional.
Penataan antara pantai, jalan dan warung-warung sudah ditata dengan rapi sehingga tidak merusak pemandangan. Kita bisa menikmati pemandangan pantai dari gazebo-gazebo yang berdiri diantara pasir jalan raya sambil merasakan angin laut yang bertiup sepoi-sepoi.

Untuk anda yang ingin berlibur dan bersantai bersama keluarga, tidak ada salahnya merasakan suasana pantai yang paling terkenal di Kalimantan Barat ini.

No comments:

Post a Comment