Thursday, March 26, 2015

Kerbau dalam Pengolahan Lahan Pertanian

Kerbau adalah salah satu hewan yang sangat dekat dengan masyarakat agraris, karena kerbau memiliki beberapa fungsi penting dalam pertanian. Sayangnya, belakangan ini peran kerbau semakin tergusur oleh teknologi-teknologi baru. Fungsi kerbau untuk membajak sawah tergantikan oleh traktor tangan, fungsinya sebagai alat transportasi tergantikan oleh kendaraan bermotor. Bahkan di beberapa daerah yang biasa menggunakan daging kerbau untuk dikonsumsi mulai beralih ke sapi.

Namun, masih ada sebagian masyarakat Indonesia yang masih mempertahankan kerbau sebagai bagian dari budaya dan aktifitas pertanian mereka. Salah satu kelompok masyarakat yang masih menggunakan tenaga kerbau untuk mengolah lahan sawah adalah masyarakat Sunda di Wilayah Dramaga dan Ciampea Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di kawasan persawahan wilayah tersebut kita bisa melihat petani membajak sawah pada awal musim tanam. Beberapa waktu lalu saya sempat melihat proses pengolahan lahan sawah dengan menggunakan tenaga kerbau dan mendokumentasikannya. Berikut ini adalah beberapa dokumentasinya.

Pembajakan Sawah menggunakan Kerbau - Situ Gede, Bogor Jawa Barat

Pembajakan Sawah menggunakan Kerbau (2) - Situ Gede, Bogor, Jawa Barat

Kerbau Membajak Sawah (3) - Desa Cihideung Udik, Kab. Bogor, Jawa Barat

Kerbau dalam Kebun Jabon - Situ Gede, Bogor, Jawa Barat

Kerbau di Desa Wisata Cinangneng - Cihideung Udik, Kab. Bogor, Jawa Barat

Kerbau Sebagai Atraksi Wisata Desa Cinangneng - Cihideung Udik, Kab. Bogor, Jawa Barat
Dua gambar paling bawah diatas adalah salah satu pemanfaatan kerbau sebagai objek wisata yang berlokasi di Kampung Wisata Cinangneng. Dan, sebenarnya masih banyak tempat lain bisa dan sudah mengembangkan Kerbau sebagai objek wisata. Semoga pihak-pihak terkait menyadari potensi ini dan tergerak untuk melestarikan kerbau di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment