Friday, March 20, 2015

Jenis-jenis Sepatu untuk Mendaki Gunung

Sepatu adalah salah satu perlengkapan paling vital dalam sebuah pendakian gunung, sebuah pendakian bisa menjadi sebuah perjalanan penuh derita jika anda salah memilih sepatu mendaki. Karena itu, pilihlah sepatu yang tepat untuk pendakian anda.  Tapi seperti apa sepatu yang baik untuk mendaki gunung? Hal ini akan tergantung dari medan yang akan anda lewati, lain padang lain ilalang, lain medan lain sepatu... :) Setelah mengetahui  medan pendakian yang anda lewati, berikut ini adalah beberapa jenis sepatu yang bisa anda pertimbangkan untuk anda gunakan dalam pendakian tersebut.

Sepatu Hiking (Hiking Shoe)

Sepatu model potongan rendah dengan sol fleksibel, jenis sepatu ini cocok untuk pendakian harian. Bentuknya serupa dengan sepatu lari atau olahraga. Banyak backpacker ultralight yang menggunakan sepatu jenis ini untuk perjalan jauh, namun jenis sepatu ini mendukung lebih sedikit macam kegiatan. Sepatu ini cocok jika anda bepergian ke tempat yang memiliki jalur yang jelas dan jalur pendakian yang pendek, dan anda tidak membawa beban berat.

Boot Hiking (Hiking Boot)

Boot memberikan dukungan dan perlindungan yang lebih luas daripada sepatu hiking. Termasuk dalam kelompok sepatu ini adalah sepatu dengan potongan sedang hingga tinggi dengan konstruksi yang lebih kaku. Sebagai konsekuensinya, boot lebih berat dari pada sepatu hiking biasa. Boot hiking akan anda butuhkan jika akan berpetualang ke mendan pendakian yang panjang dan kasar, membawa beban yang relatif berat. Jika anda adalah seorang pendaki pemula atau relatif jalan mendaki, Boot cocok untuk anda. Boot membantu otot-otot lebih berkembang dan  melindungi pergelangan kaki atau lutut yang rentan terkilir.

Boot Backpacking (Backpacking Boot)

Boot backpacking didesain untuk perjalanan panjang berhari-hari yang membawa beban berat ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian. Kebanyakan jenis boot ini memiliki potongan tinggi jauh diatas pergelangan untuk memberikan dukungan yang sangat baik. Boot jenis ini memiliki masa pakai yang relatif panjang dan daya dukung yang tinggi dan bisa digunakan untuk perjalanan baik on maupun of trail.



Boot Mountaineering (Mountaineering Boots)

Mountaineering boot didesain untuk menghadapi kondisi medan yang ekstrim dan lingkungan pegunungan tinggi. Konstruksi sepatu boot ini tampak tinggi, midsole kaku, memiliki lapisan kedap, memiliki sistem insulasi dan removable liners. Didesain untuk mengakomodasi beban berat dan dapat dipasangi crampon untuk pendakian gunung es. Boot mountaineering adalah jenis boot yang kuat, supportive dan tahan lama. Kecuali anda berencana mendaki gunung es, melintasi gletser, atau treking di medan musim dingin,  menggunakan sepatu ini mungkin tampak terlalu berlebihan.


Demikianlah sedikit info tentang sepatu mendaki gunung ini, jika ada yang salah atau yang kurang, mohon koreksinya. Akhir kata selamat berpetualang dengan aman dan nyaman.
Sumber: http://www.backcountry.com/

2 comments:

  1. Tapi kalau saya yang penting nyaman di kaki mas,,, kalau nggak nyaman, sebagus apapun sepatu itu yaw sama saja nggak betah pakainya.... hehehe, curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak... salah satu tujuan memakai sepatu adalah agar kaki kita tetap nyaman... :)

      Delete