Wednesday, December 3, 2014

Pantai Pasir Panjang, Pasirnya Panjang?


Pantai Paling Terkenal Seantero Kalimantan Barat bagian Barat

Pantai Pasir Panjang, suatu pantai dengan pasirnya yang panjang-panjang, mungkin tidak sepanjang batang korek api, tapi cukup panjang untuk tidak bisa disebut kubus, begitulah bayangan saya sewaktu kecil saat menyebut Pantai Pasir Panjang. Kenyataannya, bukan pasirnya yang panjang, tapi pantainya. Pikiran itu seingat saya tidak pernah saya ungkapkan kepada orang lain (Alhamdulillah), sampai ia terhapus sendiri oleh pengalaman saya saat mengunjungi pantai yang panjang tersebut. Mungkin pada saat itu usia saya antara 7-8 tahun. Jadi perlu diingat, jika ingin menyebutkan pantai ini, sebutlah Pantai Pasir Panjang, bukan Pasir Panjang.

Pantai Pasir Panjang berada di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Pantai ini diberi nama Pantai Pasir Panjang karena pantainya membentang panjang menghadap laut lepas, ada yang bilang panjangnya 3 Km, tapi seingat saya panjangnya mencapai 7 Km. Mungkin karena pantai ini adalah pantai yang paling panjang dan mudah diakses dari Pontianak dan Singkawang, maka pantai ini disebut Pantai Pasir Panjang.


Sangat sesuai untuk menjadi lokasi hunting foto dengan model yang cantik :)

Ada yang bilang pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang, ini adalah isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sayangnya isu ini dimuat di salah satu web resmi milik pemerintah. Jadi saya luruskan, pasir di Pantai Pasir Panjang tidak putih, tetapi kuning mendekati coklat. Pasirnya juga tidak panjang, seperti yang saya kira dulu... :p 

Dari Kota Pontianak, kawasan wisata ini dapat dicapai selama lebih kurang tiga jam perjalanan darat, tidak ada perjalanan udara, kalau perjalanan laut mungkin akan lebih lama dan mahal. Dari Singkawang, pantai ini dapat dicapai selama 20 menit (17 Km) perjalanan darat, juga tidak ada jalur udara, mubazir.

Apa yang bisa kita lihat di pantai ini?
Tentu saja pasir dan laut, selain dua hal tersebut kita bisa menikmati pemandangan sekitarnya yang masih banyak terdapat pohon yang mudah-mudahan masih banyak. Di kawasan wisata pantai ini terdapat fasilitas pendukung seperti kolam renang, motel, restoran, diskotik dan sarana bermain anak-anak. Kawasan Pantai Pasir Panjang juga memiliki track/sirkuit balap motor bagi para kawula muda untuk menyalurkan bakatnya dalam road race maupun grass track. Sirkuit ini relatif sering mengadakan event-event balap provinsi maupun nasional.

Kata orang, laut yang tenang di pantai ini cocok untuk berkembangnya olah raga jetsky dan parasailling, tapi saya sendiri belum pernah melihatnya, mungkin sekarang memang sudah ada. Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, mudah-mudahan pantai ini dapat dikembangkan lebih baik lagi.


Pantai Pasir Panjang ada batunya juga, tapi bukan batu panjang


2 comments:

  1. Kok tulisannya lucu bang?
    Kok pikiran kita sama ya, pasir panjang itu dikira pasir yang panjang-panjang mirip korek api :3

    Terakhir kesana 2 tahun yang lalu, semoga bisa balik kesana lagi bawa istri dan anak-anak. Amin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya lucu ndre? apakah pertanyaan ini muncul karena tulisan-tulisan saya sebelumnya serius...? kalau iya, soalnya blog ini pribadi, ekspresi diri kate orang... :D

      waktu kecil saya memang berpikir gitu ndre, gitulah pikiran anak kecil, seperti mengira air hujan itu berasal dari air ember yang dituang Malaikat di langit.. :p

      Delete