Thursday, December 11, 2014

Gunung Itu Besar - Manfaatnya


Gunung itu besar! Itu kata seorang teman saya ketika dia sedang mempresentasikan proposal penelitiannya. Kata-kata yang langsung membuat hadirin dalam seminar tersebut tertawa. Gunung itu memang besar, siapa yang tidak tahu? Kalau tidak besar berarti bukan gunung, bukankah demikian? Tapi pernahkah kita berfikir apa makna dibalik besarnya gunung itu? Apa pentingnya gunung sehingga Allah SWT membuat gunung itu besar? Nah, pernyataan dari teman saya tersebut sebenarnya dapat menjadi pemantik pertanyaan dalam fikiran kita, Kenapa gunung itu besar? Kenapa harus besar?  Menurut saya, gunung itu besar karena manfaatnya sangat besar bagi manusia dan makhluk-makhluk lainnya di muka bumi. Beberapa manfaat gunung menurut saya dapat digambarkan sebagai berikut.

Gunung sebagai pasak kerak bumi
Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, QS An Nahl 15.

Ayat diatas menunjukkan salah satu alasan kenapa gunung itu harus besar, salah satu fungsi utama gunung adalah sebagai pasak yang menjaga agar bumi yang kita pijak tidak goncang. Gunung menahan lempeng kerak bumi yang bisa tiba-tiba bergerak karena kerak bumi tersebut berada di atas materi kental (magma) yang panas. Penjelasan secara ilmiah akan sangat panjang, Anda bisa baca tentang ini di Harun Yahya.

Berperan penting dalam proses terbentuknya hujan
Di banyak tempat di dunia, gunung sangat berperan dalam proses terbentuknya hujan. Proses ini berawal dari kumpulan awan yang bertiup ke suatu tempat, pada saat uap air atau awan melewati suatu kawasan pengunungan maka ia akan naik lebih tinggi. Posisi yang semakin tinggi membuat suhu uap air menjadi lebih rendah, suhu yang semakin rendah menyebabkan perubahan bentuk air dari gas (uap air) menjadi cair (cukup kecil dan ringan). Perubahan bentuk tersebut akan diikuti penggabungan titik-titik air yang kecil dan ringan menjadi lebih besar dan berat, dengan bantuan hembusan angin, maka titik-titik air yang telah besar tersebut akan jatuh ke permukaan bumi.

Daerah tangkapan air
Salah satu fungsi gunung yang paling penting dan nyata bagi kehidupan di muka bumi adalah sebagai daerah tangkapan air. Kawasan gunung dan pegunungan dengan vegetasi yang ada di permukaannya adalah media penangkap air yang sangat baik. Kenapa airnya perlu ditangkap? Karena air selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah, gunung dan vegetasi diatasnya dapat menjadi semacam pengatur laju arus air. Tanpa gunung dan vegetasinya, suatu kawasan akan lebih cepat mengalami kekeringan pada musim kemarau. Rasanya semua orang yang sudah bisa berpikir pasti tahu tentang ini, sayangnya, tidak banyak yang peduli. Mungkin mereka berpikir, "Toh saya tidak tinggal di kawasan bersangkutan. Jadi tidak akan kekeringan." Orang-orang seperti itu pasti mendapatkan balasan yang setimpal.

Stok sumber daya alam
Mungkin sejak mengenal penggunaan alat-alat sederhana untuk membantu mengerjakan berbagai kegiatan sehari-hari, manusia mulai tahu bahwa gunung dan pegunungan menyimpan sumber daya yang sangat besar. Semakin tinggi tingkat perkembangan ilmu pengetahuan, semakin tinggi kesadaran manusia tentang sumber daya yang terdapat di gunung. Sumber daya yang terdapat di kawasan gunung dapat terdiri dari tanah vulkanik (kawasan gunung berapi) yang sangat subur untuk pertanian dan berbagai jenis bahan tambang, mulai dari pasir hingga logam-logam bahan dasar industri.
Selain sumber daya alam tanah, energi dan mineral, gunung dan pegunungan juga merupakan stok penyimpanan sumber daya alam hayati. Contoh yang paling mudah kita lihat adalah berbagai taman nasional yang terdapat di Indonesia, sebagian besarnya adalah kawasan pegunungan. Berbagai jenis tumbuhan dan satwa di kawasan pegunungan harus kita jaga untuk kelangsungan hidup kita dan keturunan kita. Banyak jenis-jenis tanaman hutan pegunungan yang telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat tradisional, dan banyak juga tanaman yang baru diketahui memiliki manfaat sebagai tanaman obat. Berbagai jenis satwa liar memiliki peranan penting dalam keberlangsungan ekosistem, namun kita masih memiliki pemahaman yang masih terbatas terhadap berbagai peranan satwa liar yang sebenarnya sangat banyak.

Wisata dan Rekreasi
Gunung atau pegunungan, dimanapun itu, selalu memiliki nilai keindahan yang dapat menimbulkan rasa senang bagi manusia yang melihatnya. Bahkan gunung berapi yang sangat berbahayapun tampak cantik jika dilihat dari jauh, tapi jangan terlalu dekat. Pemandangan kawasan gunung dan pegunungan merupakan potensi wisata yang sangat penting yang banyak dikembangkan di Indonesia. Tidak hanya pemandangan, gunung dan pegunungan bisa menghadirkan kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan rekreasi bagi manusia, misalnya hiking (mendaki gunung), camping (berkemah), climbing (panjat tebing), mountainbiking (sepeda gunung), dan masih banyak aktifitas lain yang bisa kita lakukan.

Demikianlah sedikit pendapat saya tentang manfaat yang sangat besar dibalik besarnya gunung dan pegunungan. Mari kita jaga kelestarian gunung-gunung dimana saja, agar kita dapat menjaga keberlanjutan lingkungan sehingga keberlanjutan manusia menjadi terjamin. Semoga keturunan-keturunan kita tetap dapat melihat asrinya hutan pegunungan, air sungai yang mengalir jernih, satwa-satwa yang riuh bernyanyi, udara yang segar dan sebagainya.

Akhir kata, Selamat Hari Gunung Internasional, mari lestarikan gunung-gunung kita.

4 comments: