Thursday, March 20, 2014

Pemenang Utama Lomba HIP, Mungkin Editan Photoshop yang Buruk

Foto di atas diambil oleh fototgrafer Cina Fuyang Zhou yang memenangkan hadiah sebesar $120.000 dari lomba Hamdan International Photography Awards (HIPA) sebagai pemenang utama. Tema dari lomba tersebut adalah "Creating The Future," dan Anda tentu dapat melihat kenapa foto diatas bisa menang: foto diatas memang memiliki komposisi yang sangat bagus dan sangat menonjolkan semangat dari tema lomba tersebut. Namun kemudian, rasanya ada yang salah dengan foto ini, dan saat Anda merasakan ada yang aneh, saya yakin arah pandangan kita akan sama...

Keanehan tersebut pertama kali ditunjukkan oleh seorang fotografer dan creative director David J. Nightingale, ada sesuatu yang sangat aneh dengan tangan guru yang berada di tengah foto tersebut. Dia menuliskan komntarnya di facebook sebagai berikut:

"I could be wrong, but that arm, and various other bits of the image, all look a little bit strange to me."

Tentu saja pernyataan tersebut bukan untuk melangkahi juri lomba tersebut, namun tentu saja hanya sebuah pertanyaan sederha mengingat adanya satu peraturan dari lomba tersebut yang melarang adanya usaha membuat ilusi dan manipulasi pada foto.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ini sebuah karya gagal yang menggabungka dua foto dengan cara yang buruk, atau hanya sebuah trik pencahayaan sederhana yang membuat foto diatas tampak seperti demikian?

H/T David J. Nightingale

Sumber:
Peta pixel

Kredit gambar:
Difoto oleh Fuyang Zhou

0 comments:

Post a Comment