Thursday, March 20, 2014

Pantai Temajuk, Paloh

Pantai Temajok kecamatan Paloh adalah salah satu pantai terindah di Kalimantan Barat. Pantai ini terletak beberapa kilometer dari Pantai Selimpai, Paloh. Beberapa tahun yang lalu saya sempat mendatangi pantai yang terletak di desa Camar Bulan. Suasana yang jauh dari keramaian membuat pantai ini sangat cocok untuk liburan bagi Anda yang lebih senang dengan tempat yang tenang.

Menuju Pantai Temajok lewat jalur Air, bisa berangkat dari Jeruju, Setinggak, atau Pelabuhan Merbau
Pantai Temajuk dapat dicapai dengan jalur air atau jalur darat, namun sayangnya jalur darat  masih belum begitu baik, sedangkan jalur air relatif sangat memakan waktu. Namun, justru karena fasilitas transportasi yang terbatas ini membuat pantai ini tetap terjaga keasriannya.

Pantai Temajok, Menjelang Maghrib
Berjalan di pantai sambil menikmati warna langit yang selalu memiliki daya magis

Tidak seperti Pantai Pasir Panjang yang pasirnya curam dan sempit, Pantai Temajuk adalah pantai yang landai, sehingga kita dapat berjalan cukup jauh kearah laut karena airnya dangkal. Setelah berjalan beberapa puluh meter dari batas darat kita bisa menikmati terumbu karang yang cukup beragam di pantai ini. Bawalah snorkle jika Anda akan datang ke pulau ini, jika tidak punya, di Pantai Temajuk tersedia tempat penyewaan snorkle.

Beberapa menit setelah matahari terbenar di Cakrawala Pantai Temajok
Banyak teman yang sudah pernah pergi ke pantai yang konon katanya pernah dijadikan lokasi shooting film india ini. Dari banyak foto yang saya lihat, Pantai Temajuk memang selalu memiliki pemandangan yang selalu indah dan berbeda, eksklusif untuk semua orang yang pernah kesana.

Orang Kalimantan Barat yang mengaku senang jalan-jalan atau menyebut dirinya petualang sudah seharusnya menjadikan pantai ini sebagai salah satu tujuan jalan-jalan mereka.

2 comments: