Wednesday, March 12, 2014

Menjadi Luar Biasa dengan Habit

Banyak buku psikologi yang pernah dibeli dan dibaca, tapi rasanya hampir tidak ber-efek dengan psikologi diri sendiri. Jadi teringat dengan perkataan teman yang mencibir kebiasaan saya membaca buku-buku psikologi dan pengembangan diri, biasanya saya hanya bisa bilang paling tidak kita sudah mencoba. Ternyata, mencoba pun sulit, dan tidak ada gunanya kalau kita hanya sekedar mencoba tanpa niat yang kuat untuk menjadi luar biasa.

Sedikit cerita, lupa awal ceritanya bagaimana, saya membuka Youtube yang menunjukkan video bang Felix Siau. Video tersebut menunjukkan bagaimana kita mengubah prilaku kita untuk menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Dari video itu saya tahu kalau bang Felix itu telah menerbitkan buku yang berjudul How to Master Your Habit.

Buku ini seolah menjadi jawaban bagi banyak pertanyaan orang-orang yang sudah sering mengikuti berbagai seminar motivasi diri namun tidak juga bisa menjadikan dirinya Luar Biasa. Kebanyakan Luar Biasa yang dihasilkan dari seminar motivasi itu adalah pola pikir luar biasa yang sementara, atau sementara luar biasa. Setelah itu kembali menjadi biasa-biasa saja.

Apa jawaban buku bang Felix Siau ini tentang sulitnya menjadi luar biasa walaupun sudah mengikuti seminar-seminar motivasi yang biasanya memang luar biasa (tiket masuknya). Jawabannya ada di depan buku tersebut, Habit. Motivasi tidak cukup untuk membuat kita menjadi diri yang luar biasa. Jika Anda berpendapat Motivasi adalah yang paling penting, maka mulailah memotivasi diri untuk mereformasi Habit Anda.

Kenyataannya, memang, melatih habit adalah sesuatu yang sangat berat dan sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Ada dua hal yang harus kita lawan jika ingin berubah, yaitu lingkungan dan diri sendiri. Namun jika kita bisa menaklukkan diri sendiri, kita akan lebih mampu untuk mengatasi kendala yang datang dari lingkungan.

Mari latih habit kita.

0 comments:

Post a Comment