Saturday, December 21, 2013

Rendah hati, atau meninggikan diri?


Saat kita mencapai sebuah keberhasilan, biasanya akan ada orang yang memuji dan ada yang akan mencemooh. Bagaimana kita menanggapi pujian itu?

Saya sendiri terkadang bingung harus bersikap bagaimana, kebingungan ini biasanya bisa kita sebut sebagai Salting (salah tingkah). Salting saya biasanya dalam bentuk diam, tidak berkata apapun. Diam ini sebenarnya tidak juga baik, karena bisa diterjemahkan secara bebas. Kalau orangnya positif, dia akan menganggap diam saya sebagai baik, tapi kalau orang negatif, saya bisa dianggap sombong. Jadi, bagaimana sebaiknya kita bersikap?

Sebelum saya sampaikan pendapat saya tentang bagaimana menjawab, kita lihat dulu kemungkinan respon kita terhadap pujian.

1. Diam, ini seperti yang saya jelaskan diatas, bisa menimbulkan persepsi positif atau negatif.

2. Merendah (rendah hati), sebenarnya bisa menimbulkan dua persepsi juga. Bisa positif bisa negatif. Misalnya anda dipuji dapat nilai 100 saat ujian, lalu anda menjawab: "ah, biasa saja", atau jawaban sejenis lainnya. Secara permukaa memang terdengar rendah hati, tapi kalau saya mendengarnya, jawaban seperti itu justru jawaban sombong (mungkin karena saya berpikir negatif). Penjelasannya, dapat 100 anda anggap biasa saja, bagaimana dengan yang dapat 60?

3. Meninggi, respon meninggi misalnya berkata "aku memang pantas mendapatkannya", atau "aku memang hebat", atau respon sejenis lainnya. Respon seperti itu adalah bunuh diri. Biasanya orang-orang yang sering merespon seperti itu tidak punya banyak teman.

4. Mengucapkan terimakasih, menurut saya inilah yang paling ideal. Tidak akan menyinggung orang lain, dan tidak terdengar meninggikan diri. Kata terimakasih biasanya dapat disambung dengan, "semua atas izin Allah", dan dilanjutkan dengan "ini tidak lepas dari bantuan kalian", atau "kalian juga pasti bisa".

Jadi, menurut saya mengucapkan terimakasih (point keempat) adalah cara terbaik menggapi pujian dari orang lain. Ini pandangan saya, pendapat pribadi, semoga saya dapat mengingatnya untuk memperbaik cara saya berkomunikasi, dan semoga bermanfaat untuk anda juga.

Aamiin.

2 comments:

  1. *angguk-angguk* ---> apakah ini akan dinilai positif atau negatif? :D

    btw, perasaan kok fotonye ndak nyambung ye, da? :D

    ReplyDelete
  2. kalau angguk2 dinda selalu positif disini... :D
    arti fotonye... kadang yang terlihat tinggi/rendah dari kita itu sebenarnya hanya bayangan... terkadang bayangan itu membuat kita lupa dengan kondisi kita sebenarnya... kadang merasa terlalu tinggi (sombong), kadang merasa rendah (rendah diri)... :D

    ReplyDelete