Friday, December 20, 2013

Lebih baik diasingkan

Soe Hok Gie
Lebih baik diasingkan daripada menyerah kepada kemunafikan

Kata-kata Soe Hok Gie ini seperti banyak kata-kata nasihat yang lain, lebih mudah disebutkan daripada dilaksanakan. Berapa banyak dari kita yang berani diasingkan karena menolak untuk munafik? Saya sendiri belum tentu, dan mungkin sekarang masih menyerah pada kemunafikan.

Tapi akan selalu ada orang yang tidak menyerah kepada kemunafikan, dan dalam pandangan saya mereka adalah orang-orang yang memiliki keyakinan pada dirinya sendiri, pada apa yang mereka anggap benar. Keyakinan bahwa mereka tidak membutuhkan dukungan orang lain memegang apa yang mereka anggap benar.

Satu hal yang biasanya tidak disenangi oleh banyak orang dari  idealis seperti Gie adalah keberanian untuk mengungkapkan kebenaran meskipun tidak menyenangkan, bahkan menyakitkan. Seringkali mereka dianggap arogan karena berani menolak kebohongan secara terang-terangan, sementara yang lain memaafkan.

Sayangnya, demikianlah sifat dan sikap banyak orang di negeri tercinta ini. Mudah untuk memaafkan. Tetapi sebenarnya kemurahan hati untuk memaafkan itu berasal dari ketidakberanian untuk menyatakan dirinya dapat berdiri sendiri dan menolak pelanggaran. Berpikir bahwa dia bisa saja melakukan pelanggaran itu, dan berharap orang lain juga akan memaafkan dia seperti dia memaafkan orang lain. Sebenarnya dia telah membuka pintu pertama menuju pelanggaran tersebut.

2 comments:

  1. Iya setuju, kalau memaafkan karena tulus memaafkan, itu bagus sekali. Sayang kebanyakan berakting memaafkan justru karena tidak berani (karena tulus memaafkan itu bukan pekara mudah). Akibatnya, seperti yang kita lihat sekarang. pelanggaran hukum dimana-mana karena ketika ada yang tidak patuh aturan dibiarkan, yang patuh jadi ikut2n tidak patuh.. :(
    Tapi balik lagi, niat hanya kita dan Tuhan yang tahu.. Semoga jikapun kita mampu memaafkan, kita tulus melakukannya. Bukan karena berharap orang akan memaklumi jika kita melakukan kesalahan yang sama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita termasuk orang2 yang tidak menyerah pada kemunafikan, dan mari berusaha untuk selalu berani... :D

      Delete