Thursday, December 19, 2013

Das Sein, Das Sollen, dan Masalah



Apa yang dimaksud dengan masalah? Saya sering sekali mempertanyakan sesuatu yang tidak saya pahami, tetapi jujur sejujur jujurnya, saya tidak pernah mempertanyakan tentang masalah, apa yang dimaksud dengan masalah? apa pengertiannya? Saya hanya tau kalau sesuatu itu bisa bermasalah, tetapi tidak pernah terpikir kepada saya bagaimana saya akan menjawab jika ada seseorang bertanya kepada saya apa itu masalah.

Mungkin kita bisa mengatakan kalau masalah itu adalah sesuatu yang mengganggu, sesuatu yang harus diselesaikan, sesuatu yang menghambat, sesuatu yang harus dijawab, sesuatu yang harus di cari solusinya dan lain sebagainya. Tetapi, ternyata ada sebuah jawaban yang menurut saya paling masuk akal. Jawaban dari pertanyaan yang saya dapatkan dari membaca sebuah artikel hasil browsing tadi.

Jadi, apa yang dimaksud dengan masalah itu?

Das Sein - Das Sollen

Rangkaian kata dari bahasa Jerman ini dapat membantu kita menjawab apa yang dimaksud dengan masalah. Das Sein adalah kenyataan, apa yang ada, apa yang dapat kita terima dengan indra dan kita terjemahkan dengan akal pikiran. Sedangkan Das Sollen adalah harapan, apa yang kita pikir seharusnya ada atau terjadi, sesuatu yang kita rangkai dalam pikiran kita dan ingin kita wujudkan menjadi nyata.

Lalu dimana hubungannye dengan masalah? Masalah adalah apa yang ada diantara kedua hal tersebut, Das Sein dan Das Sollen, antara kenyataan dan harapan, atau antara harapan dan kenyataan. Kenyataan adalah apa yang kita hadapi, saat kenyataan itu tidak sesuai dengan harapan kita, maka disanalah muncul masalah.

Saat anda ingin/berharap makan, tetapi tidak ada sesuatu untuk dimakan, maka Anda sedang bermasalah. Saat anda ingin pergi, tetapi sesuatu menghalangi anda untuk pergi, maka anda sedang mimiliki masalah. Saat anda seharusnya sudah selesai kuliah, tetapi belum juga selesai, maka anda sedang punya masalah besar.

Masalah inilah yang kemudian memunculkan Ilmu Pengetahuan. Ilmu pengetahuan ini yang kemudian akan membantu kita untuk menyelesaikan masalah dan mencapai Das Sollen.

Demikianlah uraian singkat saya hasil membaca-baca tadi, uraian ini adalah hasil ringkasan dari beberapa bacaan, bukan hasil perenungan sendiri.

Salam.

0 comments:

Post a Comment