Thursday, December 19, 2013

Bundaran Kota Baru Pontianak

Bundaran Kota Baru - Pontianak
Bagi orang Pontianak, tugu ini tentunya tidak terlalu asing, namun karena letaknya yang lumayan jauh dari pusat kota, bisa dipahami kalau ada yang tidak tahu dengan tugu ini. Saya sendiri, sejujurnya walaupun sering sekali melihat tugu ini, tapi tidak tahu apa namanya. Yang umum disebut oleh warga kota Pontianak, lokasi ini adalah bundaran Kota Baru. Sedangkan nama tugu yang ada di tengah bundaran ini, belum pernah saya dengar. Tapi saya yakin satu hal yang jelas, namanya bukan Tugu Holc*m.

Tugu ini dicat biru (cukup jelaskan?), berbentuk seperti huruf y alias bercabang. Apa maksudnya? Kalau saya boleh beropini, saya yakin tugu bercabang ini melambangkan Sungai Kapuas, kerangka bola dari besi menunjukkan bola dunia, tulisan PONTIANAK pada sabuk bola tersebut menunjukkan kota kita berada di garis Khatulistiwa sekaligus berada di percabangan sungai Kapuas. Sedangkan angka 1771 adalah tahun kelahiran kota Pontianak.

Pohon-pohon yang ditanam di sekeliling tugu ini membuat bundaran Kota Baru terlihat sejuk dengan hijaunya. Terlihat lebih segar. Namun yang sangat disayangkan adalah pemilihan jenis tanaman yang ditanam di bundaran ini. Yang ditanam di bundaran ini adalah jenis-jenis tanaman yang dapat tumbuh besar. Pada saat ini saja tugu tersebut sudah agak terhalang kemegahannya karena terhalang oleh pohon-pohon tersebut, bagaimana 5,10 atau 20 tahun kedepan (hanya sedikit gambaran).

Terkait dengan itu, jika saya boleh memberi saran kepada pemkot, sebaiknya perhatikan dengan seksama bagaimana caranya untuk menata tanaman-tanaman tersebut agar dapat mendukung kemegahan tugu ini. Bukan justru mengurangi nilai estetikanya. Semoga.

0 comments:

Post a Comment