Sunday, December 15, 2013

Nama di Nisan


Apalah arti sebuah nama?

Bagi saya, nama sangat berarti. Menurut hadits yang pernah saya dengar, nama adalah doa. Karena itu berilah nama anak kita dengan nama yang baik-baik. Sehingga setiap seseorang memanggilnya, dia akan mendapatkan doa yang baik.

Karena itu saya menamai Almarhum anak saya dengan nama Hanif. Hanif adalah sebutan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS, artinya adalah seorang muslim yang lurus. Saya berharap dia akan menjadi seorang  muslim yang lurus, konsisten dengan jalan Allah SWT.

Kenyataannya, jalannya memang lurus. Langsung menuju keharibaan-Nya. Jaminan bagi tempatnya di Firdaus.

Pulang ke kota kelahiran saya kemarin, saya dan istri saya menyempatkan ziarah ke makam Hanif. Sebuah makam yang kecil, dengan nisan yang kecil. Tidak jauh dari tempat tinggal kami, mungkin sekitar lima menit bermotor. Sekedar duduk dan mencabut rumput diatas gundukan tanah yang kecil itu sedikit mengobati rindu kami.

Saat duduk di atas porselin makam orang lain di sebelah makam Hanif, saya tertegun sejenak. Ternyata nama saya telah tertulis diatas sebuah makam. Terbayang suatu saat nanti nama saya akan tertulis di makam dan saya tidak akan pernah dapat membacanya, karena saya ada dibawah nisan tersebut. "Saat" itu menjadi terasa sangat dekat.

0 comments:

Post a Comment