Monday, November 25, 2013

Kenapa saya nge-Blog?

Barusan baca buku, judulnya "Ng-Blog dari Hati". Buku yang sangat ringan, baik masa maupun isinya. Walaupun ringan, buku ini sangat menginspirasi. Dari judulny tentu sudah bisa ditebak apa yang ingin disampaikan buku ini. Pengarangnya adalah Mbah Kakung, mungkin banyak blogger yang udah kenal, tapi saya sendiri baru tahu dari buku ini. Buku yang saya beli dari toko buku di kampus.

Hal menarik bagi saya tentang buku ini adalah sebuah pertanyaan, kenapa saya nge-Blog/ blogging?

Awalnya, saya lupa.... huph... Sayang sekali rasanya, banyak hal menarik yang sudah saya lupakan. Tapi Alhamdulillah masih ada artefak posting pertama saya di blog pertama saya, tertanggal 23/10/08, alias 23 November 2008. Wowow... 23 Nov, dua hari yang lalu. Pada tanggal itulah posting pertama saya dalam blog, kalau memang tidak ada artikel yang saya hapus.

Kala tidak salah, mungkin blog itu saya buat saat masih menjadi laboran di sekolah tempat saya menghabiskan masa SMA. Tersebutlah seorang teman baik saya yang menjadi laboran di laboratorium komputer sekolah, melalui izinnya saya mulai online gratis di lab sekolah, dan kemudian kecanduan.

Setelah beberapa bulan memiliki blog, saya membaca artikel tentang Google adsense dan tertarik. Berbekal satu-satunya blog saya, saya mengajukan diri, dan Alhamdulillah diterima. Tapi diterimanya saya dalam program itu tidak membuat saya serius mengurus blog. Mungkin karena kurang motivasi dan saya belum begitu banyak mendengar orang-orang yang berhasil mendapatkan uang dari blog, kecuali dari orang-orang luar negeri.

Blog tetap diisi, tapi tidak sering, dan hampir tidak ada motivasi untuk mendapatkan uang. Dalam rentang waktu akhir 2008-awal 2012 (tiga tahun), saya beberapa kali mengecek adsense, tapi tidak ada setetespun dolar tercatat. Hingga suatu hari di bulan Maret 2012, secercah harapan datang. Ada dolar yang menetes, tidak banyak, tidak sampai nol koma satu dolar ($0,1), tapi sangat berarti bagi saya. Tentang ini sudah pernah saya ceritakan di blog saya yang lain.

Sejak saat itu saya  jadi rajin sekali menulis untuk mengisi blog, dan dalam mengisi blog saya sangat menghindari copas. Memang, mencari uang dari bloging memang tidak mudah, dan relatif lama. Sampai hari ini saya belum memetik hasilnya, tapi saya yakin suatu saat nanti akan tiba masanya. Dan saya yakin tetap ada manfaatnya.

Seiring waktu, lama-kelamaan, rasanya saya merasa hampa kalau mengisi blog hanya untuk mencari dolar. Saya terus memikirkan artikel yang bisa saya tulis untuk bisa menarik pengunjung yang berpotensi menge-klik iklan saya, dan menjadi malas untuk menulis hal-hal lain yang sebenarnya ingin saya tulis. Hal ini mengakibatkan keran ide saya seperti tersumbat, ada yang ingin keluar tapi tertahan. Karena itulah saya mulai sedikit rajin menulis di blog pribadi ini, agar apa yang terpikir bisa tertulis dan menjadi ekspresi saya pribadi. Agar ide-ide tulisan di dalam otak saya mengalir dan tidak ada yang tertahan dan menjadi sumbat.

Kira-kira seperti itu ceritanya. Btw, rasanya ada yang kurang dari tulisan ini, seperti berantakan gitu rangkaiannya. Btw, kenapa anda nge-blog?

0 comments:

Post a Comment