Thursday, November 21, 2013

Kecanduan


Kecanduan, siapa yang tidak pernah? Kecanduan apa saja. Saya pernah merokok, tapi tidak sampai kecanduan berat. Seperti apa kecanduan rokok yang berat? Kalau menurut saya mungkin sampai harus menghabiskan dua bungkus rokok dalam satu hari. Kalau dulu mungkin saya hanya menghabiskan beberapa batang saja dalam sehari, mungkin 6 batang. Mungkin karena kecanduannya tidak terlalu berat, tapi tidak terlalu sulit untuk berhenti. Terkadang masih sekali-sekali menghisap, tapi tidak terus-terusan.

Kenapa saya berhenti merokok? Sebenarnya dan seharusnya banyak alasan untuk berhenti merokok, dan alasan itu bukan dibuat-buat. Bagi saya sendiri ada dua hal yang penting kenapa harus berhenti merokok,yaitu;

Pertama, masalah dompet, saya merasa rokok itu cukup menguras dompet walaupun saya tidak kecanduan berat. Tapi bagi yang punya banyak uang, tentu rokok bukan masalah. Mungkin ada juga yang mengatakan banyak uang atau tidak bukan masalah banyak uang atau tidak, tapi masalah prioritas, kalau memrioritaskan rokok, dapatlah rokok. Untuk saya pribadi, rokok bukan bukan prioritas saya.

Kedua, masalah kesehatan, dulu waktu masih aktif sekali merokok saya merasa badan saya yang memang kurus semakin kurus semasa masih merokok dulu. Itu gejala yang terlihat, kalau yang tidak terlihat mungkin harus dilihat oleh dokter. Masalah kesehatan ini juga tidak hanya terkait dengan kesehatan saya, tetapi juga orang-orang di sekitar saya. Terutama istri dan in sya Allah anak saya, saya ingin memiliki anak yang cerdas. Untuk memiliki anak yang cerdas kita harus memperhatikan kesehatan kita dan istri, bagaimana bisa menghasilkan benih berkualitas jika tubuh kita sendiri tidak sehat.

Walaupun demikian, ada juga orang yang walaupun perokok berat tetapi badannya tampak sehat (mudah-mudahan tidak sekedar tampak), ada juga yang tetap "berisi", Ada juga yang anaknya tetap cerdas dan sehat. Saya sendiri tidak tahu kenapa bisa begitu, apakah isu gangguan kesehatan rokok ini tidak berlaku untuk semua orang, ataukah ada sebab lain? Yang jelas, saya tidak ingin ambil resiko, lebih baik menghindarinya.

Ini pandangan saya pribadi, bukan menyuruh atau melarang siapa saja untuk merokok. Itu semua hak Anda.

Saat ini saya sedang kecanduan hal yang lain, mereka adalah internet dan facebook. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

1 comment: