Monday, July 22, 2013

Insomnia lagi

Jam setengah 11 tadi udah nyoba tidur, tapi nggaak bisa juga. Jadi, mengalah ajalah sama insomnia. Baru aku tahu apa itu insomnia, benar-benar tak berdaya.

Ini kisah nyata, dulu kalau mau tidur saya tinggal membaringkan badan dan beberapa detik kemudian akan langsung terlelap. Kejadian paling jelas diingatan pas jalan malam waktu kegiatan di organisasi pencinta alam, saya bisa jalan, berhenti terus langsung tidur, hanya beralaskan jaket untuk menutup semak-semak yang basah oleh embun. Saat harus bergerak saya langsung bangun dan jalan lagi, berhenti langsung gelar jaket, langsung tidur lagi, itu berkali-kali. Dirumah juga gitu, sampai rumah langsung masuk kamar, baring, dan hilang di alam mimpi. Mimpi itu juga jarang-jarang, saking nyenyaknya saya tidur. Orang rumah sama orang camp tahu dengan kemampuan saya untuk tidur ini.

Karena tidak bisa tidur, saya manfaatkan kesempatan ini untuk minum kopi, capucino aja sih, nggak kopi bubuk yang hitam. Perasaan sejak awal Ramadhan kemaren nggak ada minum kopi. Ada dua alasan nih kenapa saya ngga minum kopi selama puasa. Pertama, kalau minumnya malam abis buka puasa, saya khawatir nggak bisa tidur, padahal kenyataannya sudah malam ke 13 ini seringnya tidur jam satu. Kedua, kalau minumnya pas sahur, saya khawatir dehidrasi. Berdasarkan artikel yang pernah saya basa, kopi adalah minuman yang merangsang urinase alias buang air kecil. Kalau buang air kecil terus pas puasa kan bisa denhidrasi, masuknya nunggu buka, air tubuh keluar terus pas pagi2. Tapi malam ini, terlanjur basah, ya  mandi sekali. Ngapucino. Udah itu dulu.

0 comments:

Post a Comment