Saturday, February 16, 2013

Penipuan berkedok pelatihan

Saya yakin semua orang yang punya handphone sudah pernah dikirimi sms dari nomor tidak dikenal yang meminta dikirimi pulsa atau uang. Ada juga yang mengiming-imingi hadiah puluhan juta rupiah setelah kita mengikuti perintahnya untuk mengirimkan uang kepada mereka. Bagi yang masih bisa berpikir waras, tentu tahu bahwa itu semua adalah penipuan yang memanfaatkan ke luguan sebagian orang Indonesia yang ingin kaya secara instant. Mungkin cerita diatas sudah tergolong basi dan setelah banyak korban berjatuhan tentu jumlah korbannya sudah tidak sebanyak dulu.
Namun ternyata penipuan dengan meminta uang kiriman masih terjadi, baik dengan metode yang basi tadi maupun dengan metode yang baru. Saya sendiri hampir mengalami penipuan tersebut.
Berawal dari selebaran yang saya dapatkan di masjid setelah shalat jumat kemarin, saya tertarik untuk mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dan penulisan buku. Dalam brosur tersebut dikatakan bahwa akan dilaksanakan pelatihan jurnalistik di Gedung PG** pada Sabtu, 16 Februari 2013  (hari ini) pukul 8 pagi.
Sesampainya di rumah setelah shalat jumat dan beristirahat, saya mencoba mengirim sms untuk menanyakan apakah masih ada tempat untuk mengikuti pelatihan tersebut. Rententan smsnya sebagai berikut:

Saya: Aslkm. Selamat siang, sy ingin mendaftar pelatihan jurnalistik pak/bu, apakah masih ada tempat?
Panitia (katanya) : Masih, berapa orang

Saya: 1 org
Panitia : jam berapa mau daftar

Entah kenapa saya jadi ragu dengan pelatihan ini saat melihat kembali brosur yang saya bawa dari masjid kemarin. Karena itu saya mencoba bertanya kepada teman yang saya tahu adalah seorang penulis. Selanjutnya,dari dua orang yang saya tanyakan tidak ada yang tahu tentang pelatihan tersebut.

Saya : Bukanya sampai jam brp pak/bu?
Panitia : Hari ini sampai jam 3 sore

Saya : Kalau besok pagi sekalian daftar bisa nggak? Hari kayaknya gak sempat kesana pak,
Panitia : Jika dapat ajak kawan ikut, ada diskon..Posisi bapak/ibu dimana? Jika tak sempat kami bisa temui biar memudahkan.

-Tawarannya untuk mendatangi saya membuat saya semakin curiga dengan kegiatan ini, saya pun mencoba mendatangi gedung yang katanya akan dilaksanakan sebagai tempat pelatihannya. Saya tidak menemukan tanda-tanda akan dilaksanakan kegiatan di gedung bersangkutan-

Saya : (sms dari mereka tidak saya balas dan mereka mengirim sms lagi)
Panitia : Atau transfer via atm saja sore or malam, besok pagi bukti transfer dibawa saat acara..trims.

-sms diatas saya terima sesaat setelah saya meninggalkan gedung tadi, saat menerima sms ini saya yakin 90% acara ini adalah modus penipuan, namun saya masih berharap acara ini memang ada-

Saya : Diam (tidak saya balas, mereka mengirim sms lagi)
Panitia : Ok besok pagi saja.

Hari ini dengan diantar adik saya yang bungsu, saya  mendatangi gedung PG**. Yang saya temukan hanya gedung kosong tanpa tanda-tanda ada kegiatan sama sekali selain beberapa siswa yang sedang menunggu jemputan di depannya.
Kesimpulannya: Penipuan!
Bagian paling buruk dari kejadian ini bagi saya adalah kenyataan bahwa mereka membidik korbannya dari orang yang melaksanakan shalat jumat di masjid.

Alhamdulillah Allah menunjukkan kepada saya tentang yang tersembunyi dari brosur tersebut sehingga saya tidak kehilangan 75 ribu rupiah yang menjadi biaya partisipasi dalam kegiatan tersebut. Mungkin ada yang berpendapat uang tersebut tidak seberapa, namun rasa sakit hati dan kesal akibat tertipu akan sangat lama membekas di hati kita.

Jujur saja saya masih berpikir positif, mungkin kegiatannya sudah di pindah ke tempat lain. Namun saya tidak tertarik untuk mengirim sms kepada panitia kemarin.

Cara-cara penipuan sekarang semakin beragam dan penipu2 tersebut semakin canggih dalam menilik apa yang menjadi kebutuhan orang-orang dan memanfaatkannya untuk menipu. Semoga kita semua terhindar dari kejahatan penipuan seperti ini dan model penipuan lainnya.. Amin.

9 comments:

  1. saya ikut daftar pak. Mereka blg ganti sabtu depan. Wah klo benar penipuan, saya ketipu pak. Tunggu sabtu dpn aja. :)

    ReplyDelete
  2. oo.. di ganti ya waktunya... mudah2n memang bukan penipuan, kalau kegiatannya memang ada postingan ini akan saya hapus.
    saya sudah browsing informasi tentang pelaksananya, tapi gak ketemu...
    :-D

    ReplyDelete
  3. saya juga ud browsing tapi gak ktemu juga. Tadi pagi pak rustam yg jadi cs di selembaran sms sy "psrta pelatihan jurnalistik, kami mhon maaf kegiatan diundur menjadi sabtu depan krena ada kndala sjumlah instruktur tdk dpt hdir krena ada urusan mendadak,mhon maaf,trima ksh atas pengertian peserta."
    Postingan bpk brusan memperkuat praduga sy bahwa kmgknan ini penipuan. Tapi sy msh berharap pelatihan jurnalistikny benar2 ada :). Kita tunggu sabtu dpn pak. Jika benar ada pelatihanny, cpt2 bpk hapus postingan ini. Jika benar penipuan, share terus pak, biar gak ada korban. Hehe

    ReplyDelete
  4. pak benar2 penipuan. Kakak sy ad ngetest coba sms org itu. Eh ternyata dibls juga, parah ni penipu msh mw nipu aja.

    ReplyDelete
  5. kakaknya sms gimana? sms mau daftar juga? balasannya gimana?

    ReplyDelete
  6. iya. Kakak sy sms mw daftar, kakak sy nanya kan acra tadi, apa msh bsa daftar. Terus dia sms pelatihan dganti bsk. Ya udh terbukti penipuan.

    ReplyDelete
  7. saya udah gak mempersalahkn hal ini lg,malas mau berurusan dg hukum atau wartawan. Smg bsa jadi pelajaran kedepannya. Silahkn bpk share d blog aja biar gak ada yg ktipu lg.

    ReplyDelete
  8. parah tu orang, makin kreatif penipuan sekarang ya... lebih parah lagi dia menyebarkan selebarannya di masjid.
    mudah2n kita terhindar dari hal2 yang demikian...
    mudah2n kerugian kamu diganti dengan yang lebih baik ya...

    ReplyDelete