Wednesday, February 27, 2013

Panjat tebing

Banyak artikel yang membahas tentang pentingnya olah raga bagi tubuh kita, bagi saya yang paling penting dari olah raga adalah menjaga badan tetap sehat -kayaknya sama dengan semua orang ya. Apa yang beda? Yang beda adalah jenis olah raga apa yang kita pilih.

Salah satu dosen saya dalam suatu mata kuliah sering bercerita tentang kebiasaannya berenang setiap minggu, dosen saya ini memang senang berolah raga.  Pernah suatu kali dosen tersebut bertanya kepada kami mahasiswa-mahasiswanya, termasuk saya tentang olah raga apa yang sering kami lakukan. Saat tiba giliran saya menjawab, saya hanya berkata "Joging". Beliau berkata bahwa joging adalah olah raga yang baik dan "murah". Ya, murah! Saya juga baru berpikir saat itu, joging adalah olah raga yang murah.

Apa jenis barang khusus yang kita butuhkan untuk joging? mungkin hanya sepatu, bahkan tanpa sepatu pun kita bisa joging di sekitar komplek rumah kita. Saya mengusahakan agar setiap minggu paling tidak joging satu kali agar badan tidak terlalu kaku. Sebelum joging melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan pelemasan otot-otot tubuh agar tidak terkejut saat joging. Setelah joging kira-kira 20 menit, latihan fisik seperti berdiri jongkok, push up, sit up dan naik turun tangga. Keringat yang keluar membuat badan saya terasa lebih lega.

Joging memang sering sekali lakukan, tapi ada olah raga lain yang juga saya senangi namun tidak sering saya lakukan. Panjat dinding, atau panjat tebing. Olah raga ini cukup mahal untuk dilaksanakan sendiri, tetapi kalau kita bergabung dengan kelompok orang-orang yang menyenanginya juga kita akan lebih mudah menjalani olah raga ini. Tentu saja kelompok-kelompok tersebut adalah kelompok-kelompok orang yang sering berkegiatan di alam bebas terutama panjat tebing. Di Indonesia kita mengenal mapala, kpa, fpti, fmi, dan sebagainya. Mengikuti kelompok atau organisasi pencinta alam akan memudahkan kita untuk melaksanakan olah raga yang sebenarnya mahal tersebut. Kenapa mahal? Karena memang alat-alat yang digunakan sangat mahal, dengan bergabung dengan club, kita bisa membelinya bersama-sama atau bisa membuat proposal.

Kenapa saya memilih panjat tebing? Tentu saja seperti semua orang, ada yang suka sepak bola, bola voly, badminton, saya suka panjat tebing. Panjat tebing dapat melatih seluruh otot gerak di tubuh kita, setau saya efektifitas gerak seperti panjat tebing hanya bisa kita rasakan juga dari olah raga renang. Kedua olah raga ini memang benar-benar menggerakkan seluruh tubuh kita secara seimbang.

Panjat tebing dapat melatih keyakinan diri kita kepada kemampuan diri sendiri. Setiap kali kita akan memegang pegangan yang baru dalam pemanjatan, kita berlatih untuk yakin bahwa kita dapat memegangnya. Jika tidak yakin, kita akan melepasnya dan tidak dapat menambah ketinggian. Latihan keyakinan ini benar-benar saya rasakan sejak pertama saya menjalani hobi ini.

Panjat tebing Melatih kepercayaan kepada teman, dalam pemanjatan tebing kita dibantu oleh seorang rekan yang menjadi belayer yang membelay kita. Belayer adalah orang yang mengamankan pemanjatan tebing dengan mengendalikan tali pemanjatan. Setiap kali kita menambah ketinggian, belayer akan menarik tali sehingga tali tidak terlalu kendor.

Hmmmm... mungkin itu dulu. stuck!

0 comments:

Post a Comment