Wednesday, February 20, 2013

Alam

Alam adalah segala sesuatu di sekitar kita, menurut sebagian orang -mungkin hampir semua orang. Alam menurut saya punya arti yang terlalu luas dan sangat panjang untuk kita deskripsikan dalam kata-kata. Tapi kalau saya ditanya, mungkin saya akan menjawab seperti jawaban semua orang -seperti diatas. Semua yang dilangit dan bumi, daratan, lautan, flora, fauna, manusia, bintang, bulang dan lain sebagainya.

Tentang pengertian mungkin kebanyakan orang bisa bersepakat dengan pengertian diatas, tapi terkait dengan cara memandang dan berinteraksi dengannya tentu semua orang akan berbeda. Hal ini akan tergantung dengan latar belakang dan kepentingan dari orang-orang tersebut. Ada orang yang memandangnya sebagai sesuatu yang harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, ada yang berpikir alam harus dipertahankan seutuhnya, ada juga yang berpendapat alam harus dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Kelompok yang terakhir adalah orang-orang yang termasuk dalam aliran konservasionis modern. Saya sendiri merasa termasuk dalam kelompok ketiga.

Dalam dunia nyata, tidak ada orang yang berpikir alam harus dipertahankan seutuhnya. Karena dalam hidup kita semua butuh sumber daya yang hanya bisa kita dapatkan dari alam. Kelompok konservator hanya memiliki sedikit jamaah yang itupun seringkali hanya untuk memenuhi periuk nasinya, mungkin sebenarnya mereka lebih tepat disebut sebagai pekerja konservasi -saya mungkin juga termasuk dalam kelompok ini. Kelompok yang terakhir, adalah kelompok yang paling banyak. Dan inilah salah satu naas yang dialami bumi ini, kenapa?

No comments:

Post a Comment