Monday, January 21, 2013

Acc Proposal

Seminar proposal (kolokium) saya dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2012, satu bulan tiga hari yang lalu. Sebelum membuat proposal saya sendiri sudah mencanangkan untuk menyelesaikan proposal tersebut hanya dalam dua minggu sejak kolokium, tapi apa mau dikata, hingga masuk Januari saya belum juga menyelesaikannya.

Harus diakui, malas merupakan penyakit yang tidak kronis tetapi mematikan. Sebenarnya seminggu pun bisa saya selesaikan dan memberikannya kepada dosen pembimbing untuk kemudian diperbaiki lagi, tapi selalu ada alasan... hehe. Tapi alasan saya tidak terlalu buruk kok, seminggu setelah kolokium itu bertepatan dengan cuti bersama libur hari raya salah satu umat beragama. Tanggal 24 dan 25 Desember libur, inilah yang jadi alasan untuk belum mengumpulkan proposal saya kepada dosen, dan saya kembali bersantai.

Tidak terlalu santai sebenarnya, karena tanggal 4 Januari 2013 satu email dari dosen pengasuh mata kuliah Lanskap Perdesaan dan Pertanian. Beliau mengirimkan soal ujian take home yang ternyata lebih menyiksa dari pada on the spot, tapi... sebenarnya sama saja kalaupun ujian dilaksanakan secara on the spot.

Meski soal LPP sudah masuk, saya tidak langsung mengerjakannya dan membiarkan saja soal tersebut bersemedi dalam laptop ini. Saya sudah menargetkan kalau hari senin 7 Januari 2013 harus menyerahkannya kepada dosen, bersamaan dengan teman satu dosen bimbingan. Teman saya tepat menyerahkan draftnya pada hari senin itu, sementara target saya meleset satu hari. Tanggal 8 Januari baru saya menyerahkannya langsung kepada  dosen saya. Sebenarnya bisa saja langsung saya masukkan ke loker beliau seperti yang dilakukan teman saya, tapi saya ingin agar bisa langsung tahu kapan bisa mengambil draft tersebut.

Alhamdulillah... tidak saya duga sama sekali, draft tersebut langsung di acc dan bisa saya jilid untuk selanjutnya di kumpulkan ke bagian akademik. Walaupun sebenarnya saya masih kurang PD dengan draft tersebut, saya tetap senang. Berita ini tidak langsung saya beritahukan kepada istri karena dia sedang pusing dengan proposal penelitiannya. Setelah beberapa hari kemudian baru saya beritahu.

Setelah mendapat acc dan pulang kerumah saya melanjutkan kembali kegiatan saya - tapi bukan mengerjakan ujian, malah blogging, hehe. Ujian itu baru saya kerjakan pada H-2 hingga deadline ujian tersebut, jumat 11 Januari 2013 pukul 15.00. Jawaban dikumpul dalam bentuk soft copy yang dikumpul melalui e-mail dan hard copy yang dikumpulkan di ruang kerja beliau, Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan baik.

Jumat malam itu kembali dikirimkan soal ujian dari dosen lain dari mata kuliah yang sama. Soal ini tidak langsung saya kerjakan, padahal inginnya untuk langsung di kerjakan, tapi internet menggoda saya untuk blogging. Dan saya pun harus menyelesaikan perbaikan proposal hasil koreksian saya sendiri, khawatir ada yang salah dalam format dan penulisannya.

Tanggal 14 Januari 2013, giliran tiga orang teman seangkatan saya melaksanakan kolokium. Pada hari itu juga saya menjilid proposal saya dan meminta tanda tangn pembimbing pertama saya, Alhamdulillah lancar. Besoknya tanggal 15 saya berencana menemui dosen pembimbing kedua untuk meminta tanda tangannya, tapi sebelum itu saya menemui teman satu kelas di LPP yang sedang mengerjakan tugas kelompok kami sekelas (hanya lima orang) dan disana saya melihat draft salah satu teman yang dibawah nama para penanda tangan di halaman pengesahannya terdapat NIP. Dan... saya tidak pakai NIP itu, bimbang pun melanda, saya langsung menelpon teman yang proposalnya sudah dijilid duluan. Berulangkali menelpon tidak diangkat, setelah salah satu dari tiga orang mengangkat, saya baru ingat kalau mereka sedang ujian, syukurnya mereka tidak terganggu dengan panggilan saya. Dan keputusannya... saya harus menambahkan NIP walaupun sudah di jilid.

Untungnya saya bertemu dengan 2 orang yang tadi ujian dan tidak mengangkat telpon saya, mereka bilang kalau lembar pengesahan itu bisa saja ditambahkan tanpa membongkar jilid-an-nya. Setengah jam lagi pukul 14 (janji dengan pembimbing kedua untuk minta tanda tangan), saya putuskan untuk mencetak dulu lembar pengesahan tanpa menjilidnya dan langsung meminta tanda tangan pada dosen pembimbing kedua. Alhamdulilla, lancar, beliau tidak mempermasalahkan apa yang saya lakukan dengan lembar pengesahan itu.

16 Januari 2013, saya menghadap dosen pembimbing pertama (di sebut juga ketua komisi pembimbing) untuk meminta tanda tangan lagi. Alhamdulillah lancar, dan beliau langsung saja menandatangani proposal saya di depan ruang sekretariat jurusan (TU) yang sedang dikunci karena sebentar karena mas Rahmat (pegawai TU) sedang keluar sebentar. Sempat di sindir atau di tegur atau apalah namanya oleh pembimbing saya karena asisten praktikum perencanaan (salah satunya saya) kurang inisiatif sebagai asisten.... hmm. Hehe.

17 Januari 2013, pagi jam delapan saya sudah di kampus untuk mengawal jalannya ujian MK Perencanaan S1 di ruang sidang atas. Duduk di ruang ujian, saya mencoba mengerjakan ujian LPP saya, namun sepertinya mengganggu proses ujian karena suara keyboard saya agak keras sementara suasananya sepi. Sampai dosen yang sedang menguji bertanya tentang apa yang saya kerjakan, sebenarnya blogging... tapi khawatir nggak enak, saya bilang saja mengerjakan tugas. Selanjutnya saya hanya membaca-baca artikel di internet. Siang saat istirahat, saya ke tempat fotokopi untuk mengganti lembar pengesahan yang tidak memakai NIP. Selesai mengganti lembar tersebut, proposal langsung saya kumpulkan ke TU. Ternyata disana ada pak Gur, Dedi dan Rio, jadilah kami ngobrol disana. Ternyata Dedi telah mendapatkan dosen pembimbing yang telah lama dia nantikan. Untuk merayakannya dia mengajak kami makan di Sulung Sari, Bara. Dan kemungkinan akan melaksanakan kolokium hari senin 21 Januari 2013.

18 Januari 2013, seharian mengerjakan ujian LPP di rumah, selesai puku 21.00, terkirim melalui e-mail pukul 21.30, deadline 22.00, Alhamdulillah.

19 Januari 2013, hujan dari pagi, serasa kurang oksigen, jadi ketiduran sampai siang.

20 Januari 2013, hari ini, nycuci baju. Surfing, blogging dst.
:-D

0 comments:

Post a Comment