Sunday, December 23, 2012

Presentasi Marathon

Akhirnye saye pun bersedia untuk menuliskan kejadian yang telah berlaku seminggu lebih satu hari kemarin. Ini penting,  paling ndak untuk saye sendiri, karene pengalaman yang berharga ini mungkin akan terlupakan dalam lima taon kedepan dan saye termasuk orang yang pelupa. Lalu apekeh yang menarik dari kejadian-kejadian seminggu kemarin? Sebenarnye ndak luar biase, cume ade presentasi marathon yang mulainye hari sabtu 15 Desember kemaren sampai hari kamis tanggal 20 Desember 2012. Biar lebih jelas ceritenye, nih saye ceritekan satu-satu:

15 Desember 2012, Ekspose Praktikum Mata Kuliah Lanskap Pertanian (LPP) dan Perdesaan (S2) dan Pengelolaan Lanskap (S1).
Acaranye difasilitasi same mahasiswa dan mahasiswi ARL 46 IPB, untuk acara  ekspos mata kuliah seperti ini saye salut benarlah dengan setingannya. Walaupun skupnye ndak besar dan ndak melibatkan banyak pihak, tapi setingannye bikin acaranye kayak acara formal yang elegan. Saye, dalam acara ini bertindak sebagai perwakilan dari mahasiswa pascasarjana ARL yang mempresentasikan hasil praktikum kami berlima yang telah dilaksanakan di 14 desa lingkar kampus IPB. Satu hal yang saya sesali dan harus kami akui kami sangat kurang dengan persiapan, ini catatan saye yang harus diperhatikan benar (same saye sendiri, mungkin bermanfaat juga untuk nt).

17 Desember 2012, Kolokium (Seminar Proposal penelitian).
Presentasi yang satu ini meleset jauh dari target sebelumnye yang ditargetkan pada bulan oktober atau november. Tapi, ye gitulah... menulis proposal penelitian tidak semudah menelan air minum. Same-same pengen sekali tapi tingkat kesulitannye jauh bede. Proposal di buat dengan meraba-raba sana sini dan tetap saja gelap, mungkin ndak etis, tapi kalau boleh ngomong salah satu kesulitan saye tu karene memang jurusan S2 ni bede dengan jurusan waktu S1. However, Alhamdulillah dosen pun kayaknye ngerti dengan kondisi ini, jadi nilai (sempat ngintip sikit) dak terlalu buruk (bawah sikit dari sempurna). Selanjutnya, proposal yang sudah dipresentasikan itu harus mengalami reparasi total yang sampai tulisan ini dibuat masih belum juga dilakukan. Bingung Euy!

19 Desember 2012, Presentasi praktikum bacaan mata Kuliah Lanskap Perdesaan dan Pertanian.
Sebenarnye udah dua minggu sebelumnye tugas ini diselesaikan, tapi baru minggu ini dipresentasikan karene terbatasnye waktu minggu sebelumnye (kite dan dosen sibuk nyiapkan acara ekspose yang tanggal 15). Pas presentasi saye kebagian giliran yang terakhir, dosen yang kebagian melihat presentasi pun sempat komen tentang saye yang udah dua kali presentasi beberape hari sebelumnye. Karene waktu presentasi hari sabtu beliau itu salah satu dosen pengampu LPP, pas kolokium tanggal 17 beliau yang jadi moderator, dan hari ini praktikum LPP juga, beliau yang hadir. Saye pun nambahkan lagi kalau besok (20 Desember 2012) saye akan presentasi lagi di FEMA. Alhamdulillah presentasi bacaan ini berjalan dengan lancar walaupun saye ndak sempat bace lagi bahannye karene nyiapkan bacaan untuk Dinamika sosial hari kamis.

20 Desember 2012, Presentasi Mata Kuliah Dinamika Sosial dan Kearifan Lokal.
Ini mungkin salah satu mata kuliah yang luar biasa untuk saye, ade dua alasannye: pertame, di mata kuliah ini saye sekelas dengan mahasiswa program doktor di IPB (berat cuy); kedua, kuliah ini berisi presentasi mahasiswa di setiap minggunya dan sedikit komentar dari Prof. Soemardjo di  akhir kuliah. Rasanya hampir semua perkataan prof yang satu ini bermakna bagi mata kuliah ini, karene memang beliau ini cuma sedikit ngomongnye dan karene waktunye memang terbatas (udah dipakai presentasi mahasiswa). Alhamdulillah presentasi ini juga lancar, padahal studi kasusnye baru saye putuskan dua atau tige hari sebelumnye (kemaren-kemarennye asli bingung). Judul materinye tu "Perubahan sosial budaya menuju dalam perspektif ekologi menuju kemantdirian", and you know what... materi ini ni sebenarnye judul satu mate kuliah di FEMA (mungkin untuk S1 dan S2nye).

Nah, itulah urutan empat presentasi saye dari tanggal 15 sampai 20 Desember 2012. Penting dak ye? Sekali lagi, bagi saye ini penting, bagi nt atau anti yang bace mudah-mudahan bermanfaat. Satu nasehat saye bersunggoh-sunggohlah dalam melakukan sesuatu!

0 comments:

Post a Comment