Friday, November 9, 2012

Susah Buang Air Besar

Sepertinya di jaman modern ini penyakit semakin mudah saja datang, sebut saja kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Kalau boleh menyebut salah satu yang cukup sering melanda tubuh seseorang dan terkesan remeh adalah masalah susah buang air besar. Mungkin kita semua pernah mengalaminya, paling tidak hampir semua orang dewasa pernah mengalaminya sekali.
Saya sendiri sudah beberapa kali mengalaminya dan memang terasa sangat tidak nyaman, apalagi yang sudah agak parah, jadi serba salah.  Bicara soal penyebabnya, semuanya biasanya berawal dari gaya hidup kita. Gaya hidup yang serba praktis dan ingin cepat misalnya, membuat kita sering mengkonsumsi makan kurang serat. Makanan kurang serat membuat volume feses menjadi kurang besar, sehingga tekanan untuk mengeluarkan buang air juga rendah sementara feses semakin lama berada di dalam usus besar semakin tidak baik.
Solusinya ya banyak makan yang berserat, misalnya nasi, buah-buahan, dan sayur.
Agar buang air bisa lancar dan rutin, setiap bangun pagi coba untuk langsung minum air dua atau tiga gelas. Air tersebut akan seperti menambah volume feses dan merangsang kita untuk buang air besar. Ini pengalaman pribadi saya sendiri, selain merangsang buang air besar air tersebut dapat membasuh salurang pencernaan kita dan membawa sisa-sisa makanan yang masih menempel di lambung, usus halus dan usus besar. Memang resikony kita akan lebih banyak buang air kecil, tapi ini jauh lebih baik dari pada resiko kena sembelit. Sembelit itu tidak nyaman.

0 comments:

Post a Comment